GASTRODIPLOMASI KOREA SELATAN MELALUI PROGRAM KOREAN CUISINE TO THE WORLD DALAM MENINGKATKAN EKSPOR PRODUK MAKANAN KOREA SELATAN KE INDONESIA

NABILA, NAMIRA TASYA (2024) GASTRODIPLOMASI KOREA SELATAN MELALUI PROGRAM KOREAN CUISINE TO THE WORLD DALAM MENINGKATKAN EKSPOR PRODUK MAKANAN KOREA SELATAN KE INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR ISI.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. KATA PENGANTAR.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB II.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK 3 BAHASA.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan (ttd).pdf

Download (257kB) | Preview

Abstract

Pemerintah Korea Selatan menerapkan suatu campaign guna meningkatkan kesadaran terhadap nilai kuliner sekaligus meningkatkan nation branding Korea Selatan yang bertajuk Global Hansik: Korean Cuisine to the World. Saat penerapannya, pihak Korea Selatan menjalankan Gastrodiplomasi dalam strategi diplomasi publik yang menggunakan budaya kuliner untuk mengangkat citra positif suatu negara di mata dunia internasional. Campaign “Korean Cuisine to the World” tersebut merupakan upaya dari pihak pemerintahan Korea Selatan untuk memperkenalkan dan mempromosikan budaya serta keragaman masakan tradisional Korea Selatan kepada masyarakat global. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk melihat bagaimana program Korean Cuisine to the World dapat menaikan ekspor produk makanan Korea Selatan ke Indonesia memakai konsep Soft Power, Gastrodiplomasi dan juga Nation Branding dalam proses program kebijakan ini berlangsung di Indonesia. Hasil penelitian ini telah menunjukkan bahwa program diplomasi kuliner “Makanan Korea di Dunia” berhasil meningkatkan minat terhadap masakan Korea di kalangan masyarakat Indonesia. Banyaknya kegiatan yang mempromosikan masakan Korea Selatan seperti festival makanan, konferensi dan pameran makanan telah berperan penting dalam meningkatkan kesadaran dan ketertarikan penduduk Indonesia akan produk makanan Korea Selatan. Pada saat itu juga, ekspor makanan Korea Selatan ke Indonesia meningkat secara signifikan selama periode penelitian. Kata Kunci: Gastrodiplomasi, Korean Cuisine to The World, Korea Selatan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 04 Apr 2024 07:31
Last Modified: 04 Apr 2024 07:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68715

Actions (login required)

View Item View Item