PUTRI AJENG WIANY, 195060113 (2024) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PREZI UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV PADA MUATAN PELAJARAN IPAS MATERI BAGIAN TUBUH TUMBUHAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (886kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (426kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (558kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (883kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (905kB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (527kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (343kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya berpikir kritis siswa kelas IV SDN Ciluluk 02 di Kecamatan Cikancung Kabupaten Bandung. Hal ini terjadi karena pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan guru kurang memanfaatkan media pembelajaran yang inovatif dan menarik bagi siswa sehingga siswa kurang aktif dan kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti memfokuskan penelitian mengenai penggunaan media Prezi dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media Prezi untuk meningkatkan berpikir kritis siswa di kelas IV SDN Ciluluk 02. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi. Tes yang digunakan berupa pretest dan posttest yang dijadikan sebagai data hasil berpikir kritis. Sampel yang digunakan yaitu kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan media Prezi dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol dengan menggunakan media Powerpoint. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji descriptive, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis independent sample ttest, dan effect size dengan bantuan software IBM SPSS Statistic 23. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada media pembelajaran Prezi terhadap peningkatan berpikir kritis siswa kelas IV pada muatan pembelajaran IPAS materi bagian tubuh tumbuhan. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan menggunakan uji t dengan nilai 0,000 < 0, 05. Oleh karena itu, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan media Prezi berpengaruh terhadap peningkatan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Ciluluk 02 sebesar 1,44 yang berkategori kuat. Kata Kunci: Media Pembelajaran Prezi, Berpikir Kritis, IPAS.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 02 Apr 2024 07:49 |
Last Modified: | 02 Apr 2024 07:49 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68651 |
Actions (login required)
View Item |