Fadillah Dasep Yusuf, 195060032 (2024) PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 3 SUKAMULYA KABUPATEN GARUT. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (462kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (384kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (454kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (563kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (183kB) | Preview |
Abstract
Proses pembelajaran merupakan serangkaian kegiatan terencana dengan melibatkan informasi dan lingkungan yang bertujuan untuk memudahkan peserta didik dalam belajar. Setiap proses pembelajaran yang dilakukan secara baik dan disusun dengan terencana pada proses pembelajaran yang dilakukan maka akan berdampak besar pada hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana model cooperative learning tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 3 Sukamulya serta untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan model cooperative learning tipe group investigation dan sesudah menggunakan model cooperative learning tipe group investigation. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen tipe quasy eksperiment. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Nonequivalent Control Group Design. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent sample t test. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah melalui bentuk pretest-posttest dan lembar observasi. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 3 Sukamulya yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen berjumlah 24 orang dan kelas IV B sebagai kelas kontrol berjumlah 24 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model cooperative learning tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik berdasarkan pada hasil nilai pretest dan posttest nilai rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 12,39%, sedangkan pada kelas kontrol peningkatan nilai rata-rata hasil pretest dan posttest sebesar 7,40%. Terdapat perbedaan antara kelas yang menggunakan model cooperative learning tipe group investigation dengan kelas kontrol yang menggunakan model discovery learning berdasarkan pada hasil uji independent sample t test menghasilkan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan antara kelas yang menggunakan model cooperative learning tipe group investigation dengan kelas yang menggunakan model discovery learning. Kata Kunci: Model cooperative tipe group investigation, hasil belajar peserta didik, dan discovery learning
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 02 Apr 2024 06:32 |
Last Modified: | 02 Apr 2024 06:32 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68645 |
Actions (login required)
View Item |