PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

RESI AYUNINGSIH, 115060110 (2016) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
BAGIAN DEPAN SKRIPSI.docx

Download (50kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI Resi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (19kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR Resi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] Text
UCAPAN TERIMA KASIH.docx
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] Text
BAB I fix.docx

Download (95kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (540kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] Text
BAB IV NEW.docx
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (29kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP PENULIS.docx
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)

Abstract

Sistem pendidikan secara umum dijelaskan dalam tujuan pendidikan IPS yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam hal ini dapat dicapai salah satunya melalui pelaksanaan pembelajaran IPS sebab merupakan bagian dari mata pelajaran di sekolah dan sebagai alat yang sangat efektif untuk mengembangkan mutu pendidikan. Kehadiran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam peningkatan mutu dan kualitas sumber daya manusia. Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Negeri Ciparay 6 masih sangat rendah sehingga perlu ditingkatkan, salah satunya adalah melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi, Peninggalan dan Tokoh Kerajaan Hindu, Budha dan Islam di Indonesia, dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning (Penemuan). Metode yang digunakan adalah PTK dengan menggunakan model dari Kemmis, model ini terdiri dari empat tahapan yaitu, (1) tahap perencanaan tindakan; (2) tahap pelaksana tindakan; (3) tahap observasi; (4) tahap refleksi dan evaluasi. Dengan jumlah siklus sebanyak II siklus, instrumen penelitian berupa tes, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning (Penemuan) ternyata dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa dibandingkan dengan kegiatan pembelajaran sebelum diadakan penelitian. Setelah menggunakan model pembelajaran Discovery Learning (Penemuan) terjadi peningkatan nilai rata-rata post test peserta didik kelas V sebesar 70,37% pada siklus I dan pada siklus II sebesar 87,03%. Berdasarkan hal tersebut, maka dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning (Penemuan) pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Kata Kunci : Discovery Learning, Aktivitas dan Prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 28 Jul 2016 14:38
Last Modified: 28 Jul 2016 14:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/6838

Actions (login required)

View Item View Item