Nugraha Putri Aliffia Syafira, 195060029 (2024) EFEKTIVITAS MEDIA BLOK DIENES DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG NILAI TEMPAT BILANGAN BAGI ANAK SLOW LEARNER DI SDN BABAKAN BANDUNG KOTA SUKABUMI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (658kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB I.pdf Download (463kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB II.pdf Download (505kB) | Preview |
|
Text
11. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (654kB) |
||
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) |
||
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (348kB) | Preview |
Abstract
Matematika merupakan alat yang membantu kita semua dalam memahami ilmu pengetahuan lain. Media pembelajaran blok dienes merupakan suatu konsep pemahaman materi kepada siswa agar siswa dapat lebih aktif dan kreatif yang akhirnya mampu meningkatkan kemampuan anak dalam belajar yang berdasar pada teori Pieget dan pengembangannya diorientasikan pada anak dengan sedemikian rupa sehingga sistem yang dikembangkan disini dapat menarik minat anak mempelajari matematika. Merujuk terhadap karakter anak slow learner yang mengalami kesulitan memahami materi nilai tempat bilangan maka anak slow learner membutuhkan media pembelajaran yang konkret yaitu media Blok Dienes pada materi nilai tempat. .Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan menghitung siswa slow learner pada materi nilai tempat dengan menggunakan media Blok Dienes dan mengetahui bagaimana hasil belajar siswa yang menggunakan media Blok Dienes dengan hasil belajar siswa menggunakan media konvesional. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penelitian eksperimen tipe quasi eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t test, uji effect size dan uji N Gain. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah melalui bentuk pretest posttest dan lembar observasi. Sampel dalam penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas IA sebagai kelas eksperimen dan kelas IB sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Terdapat perbedaan antara kelas yang menggunakan media Blok Dienes dengan kelas yang menggunakan media konvensional didasarkan pada hasil uji independent sample t test dihasilkan nilai signifikansi 0,012 < 0,05. Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran menggunakan media Bok Dienes terhadap kemampuan menghitung siswa kelas 1 SDN Babakan Bandung berdasarkan hasil uji effect size diperoleh nilai rata – rata kelas eksperimen sebesar 75.8120 dan kelas kontrol sebesar 59.5926 dan menunjukkan bahwa perolehan effect size sebesar 1,115 maka termasuk dalam kategori tinggi. Kata Kunci: Media Blok Dienes, Kemampuan Menghitung, Anak Slow Learner.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 08:39 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 08:39 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68233 |
Actions (login required)
View Item |