El-Fairus, Shabrina Tanzaliq Shiami,185040038 (2024) PENERAPAN METODE SEMINAR SOCRATES PADA PEMBELAJARAN MATERI ANIMALIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI PESERTA DIDIK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB III.pdf Download (790kB) | Preview |
|
Text
9. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (528kB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (441kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB IV.pdf Download (528kB) | Preview |
Abstract
Di dalam pendidikan abad 21, upaya meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi atau biasa dikenal sebagai kemampuan kognitif dan keterlibatan peserta didik di dalam kelas dapat dilakukan dengan berbagai macam metode pembelajaran, salah satunya adalah seminar Socrates. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode seminar Socrates pada peningkatan kemampuan kognitif peserta didik dan keterampilan berkomunikasi peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pre-eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif yaitu One-Group Pretest-Posttest design dan desain penelitian yang digunakan untuk mengukur keterampilan berkomunikasi yaitu oneshot case study. Populasi dalam penelitian ini hanya menggunakan satu kelas eksperimen saja yaitu seluruh peserta didik kelas X SMA Islam Tarbiyyatul Falah. Setelah mendapatkan nilai pre-test dan post-test pada saat pembelajaran materi Animalia, dilakukan perhitungan uji hipotesis menggunakan uji Z dengan keterangan Z tabel (-1.96) > Z hitung (-6.87). Pada saat pemberian perlakuan seminar Socrates, dilakukan juga observasi oleh guru berdasarkan rubrik yang telah ditentukan dengan hasil yang baik. Maka dari itu, hasilnya menunjukkan kemampuan kognitif peserta didik mengalami peningkatan dan peserta didik terlibat aktif dalam pembelajaran dalam hal mendengarkan, berbicara, dan menganalisis sebuah pertanyaan atau pernyataan yang dilontarkan guru maupun temannya. Kata Kunci: Seminar Socrates, Kemampuan Kognitif, Keterampilan Berkomunikasi, Animalia
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 08:50 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 08:50 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68161 |
Actions (login required)
View Item |