Septiani Mega Shifa, 195030023 (2024) PANDANGAN PENGARANG TERHADAP NOVEL KISAH ANAK CAHAYA KARYA ARSANDA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
3. pengesahan Penguji.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstrak.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstract.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text
8. Ringkesan.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
10. Bab I.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
11. Bab II.pdf Download (501kB) | Preview |
|
Text
12. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (310kB) |
||
Text
13. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (513kB) |
||
Text
14. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
||
|
Text
15. Daftar Pustaka.pdf Download (168kB) | Preview |
Abstract
Novel menjadi salah satu jenis bacaan yang disukai oleh segala usia. Hal tersebut menjadikan novel dapat dimanfaatkan sebagai alternatif bahan ajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengkaji tentang pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel Kisah Anak Cahaya dan menjadikannya sebagai alternatif bahan ajar. Penelitian ini menggunakan kajian Strukturalisme Genetik Lucien Goldmann. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil kajian ditemukan dalam novel Kisah Anak Cahaya terdapat 59 kutipan yang merupakan struktur novel 55 kutipan, struktur historis 2 kutipan dan pandangan pengarang 2 kutipan. Tema dalam Novel Kisah Anak Cahaya karya Arsanda yaitu perjuangan dan kebersamaan dan amanat yang mengajarkan agar sebagai manusia tidak mudah menyerah, seperti tokoh Bima, Bara Ben dan Binta yang selalu melakukan apapun untuk mendapatan kembali lapangan di gang mereka itu, pada novel Kisah Anak Cahaya juga Arsanda sebagai pengarang memperlihatkan perjuangan anak anak Gang Cahaya demi mepertahankan lapangan kesayangan mereka, Umur mereka yang masih kecil tidak menjadi penghalang bagi mereka mau bekerja keras demi tujuannya itu. Pengarang juga memperlihatkan kasih sayang dan cinta seorang ayah demi melihat anaknya sehat dan bahagia Pak Budi bekerja keras sampai bisa di titik ini. Kata kunci : Strukturalisme Genetik, Pandangan Pengarang, Novel, Bahan Ajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 06 Feb 2024 06:25 |
Last Modified: | 06 Feb 2024 06:25 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67807 |
Actions (login required)
View Item |