RACHWATY ARAMY PRIMA, 195050055 (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (483kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB I.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB II.pdf Download (333kB) | Preview |
|
Text
11. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (428kB) |
||
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) |
||
|
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Download (252kB) | Preview |
Abstract
Siswa harus memiliki kemampuan koneksi matematis, karena hal ini memungkinkan mereka untuk menghargai koherensi matematika. Namun, para siswa belum sepenuhnya memiliki kemampuan ini. Siswa juga harus memiliki tingkat self-efficacy yang tinggi agar dapat mengontrol dan melaksanakan berbagai tindakan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Pada kenyataannya, selfefficacy siswa masih di bawah standar. Salah satu metode untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis dan self-efficacy siswa dalam proses pembelajaran adalah dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) yang dipadukan dengan Quizizz. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) untuk melihat apakah siswa yang memperoleh model CTL dengan bantuan Quizizz memiliki kemampuan koneksi matematis dan self-efficacy lebih kuat daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran tradisional.; (2) untuk melihat apakah siswa yang menerima model CTL dengan bantuan Quizizz memiliki self-efficacy yang lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran tradisional;; (3) untuk melihat apakah ada korelasi antara kemampuan koneksi matematis dan self-efficacy; (4) Menentukan apakah efektivitas CTL berbantuan Quizizz terhadap kemampuan koneksi matematis dan self-efficacy siswa termasuk dalam kategori tinggi. Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII B dan VII G di SMPN 16 Bandung. Instrumen tes terdiri dari soal uraian kemampuan koneksi matematis, sedangkan instrumen non-tes berupa angket selfefficacy. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa: (1) siswa yang memperoleh model CTL berbantuan Quizizz lebih baik kemampuan koneksi matematisnya dibandingkan dengan siswa yang memperoleh model konvensional; (2) Siswa yang menerima model CTL dengan bantuan Quizizz menunjukkan self-eficacy yang lebih kuat dibandingkan dengan siswa yang memperoleh model tradisional.; (3) Terdapat korelasi yang baik antara kemampuan koneksi matematis dan self-efficacy siswa yang memperoleh model CTL berbantuan Quizizz; dan (4) CTL berbantuan Quizizz memiliki keefektifan yang tinggi terhadap kemampuan koneksi matematis dan selfefficacy siswa. Kata Kunci: Kemampuan Koneksi Matematis, Self-Efficacy, Model Contextual Teaching and Learning (CTL), Quizizz
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 08:34 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 08:34 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67163 |
Actions (login required)
View Item |