Rahmadiani Ayu, 195060073 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen di SDN 071 Sukagalih Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
Pengesahan Penguji.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text
Pengesahan.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
Abstract.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
Ringkesan.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (210kB) | Preview |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (354kB) |
||
Text
Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (402kB) |
||
Text
Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (106kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 071 Sukagalih Bandung. Hal ini dikarenakan pembelajaran masih berpusat pada guru, guru masih belum memanfaatkan model pembelajaran yang inovatif dan tidak menggunakan model pembelajaran yang menarik, ditambah lagi banyak siswa yang masih kurang kondusif, siswa masih kurang aktif dalam berdiskusi mengikuti proses pembelajaran. Peneliti memfokuskan penelitian mengenai penggunaan model Problem based learning dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model Problem based learning terhadap hasil belajar siswa di kelas IV SDN 071 Sukagalih Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi. Tes yang digunakan berupa pretest dan posttest yang dijadikan sebagai data hasil belajar. Sampel yang digunakan yaitu kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model Problem based learning dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model konvensional. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji descriptive, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis Independent sample t-test, dan Effect Size yang dibantu dengan software IBM SPSS Statistic 25. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model Problem based learning terhadap hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan menggunakan uji T dengan nilai 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan model Problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 071 Sukagalih Bandung sebesar 0,632 yang berkategori efek kuat. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 08:19 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 08:19 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67157 |
Actions (login required)
View Item |