PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen di SDN 071 Sukagalih Tahun Ajaran 2022/2023)

Rahmadiani Ayu, 195060073 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen di SDN 071 Sukagalih Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan Penguji.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ringkesan.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (106kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 071 Sukagalih Bandung. Hal ini dikarenakan pembelajaran masih berpusat pada guru, guru masih belum memanfaatkan model pembelajaran yang inovatif dan tidak menggunakan model pembelajaran yang menarik, ditambah lagi banyak siswa yang masih kurang kondusif, siswa masih kurang aktif dalam berdiskusi mengikuti proses pembelajaran. Peneliti memfokuskan penelitian mengenai penggunaan model Problem based learning dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model Problem based learning terhadap hasil belajar siswa di kelas IV SDN 071 Sukagalih Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi. Tes yang digunakan berupa pretest dan posttest yang dijadikan sebagai data hasil belajar. Sampel yang digunakan yaitu kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model Problem based learning dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model konvensional. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji descriptive, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis Independent sample t-test, dan Effect Size yang dibantu dengan software IBM SPSS Statistic 25. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model Problem based learning terhadap hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan menggunakan uji T dengan nilai 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan model Problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 071 Sukagalih Bandung sebesar 0,632 yang berkategori efek kuat. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 10 Oct 2023 08:19
Last Modified: 10 Oct 2023 08:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67157

Actions (login required)

View Item View Item