PRATAMA ERVINA OCTAVIANY PUTRY, 195050032 (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DAN HABITS OF MIND SISWA SMP MELALUI MODEL BRAIN BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (612kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB I.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB II.pdf Download (795kB) | Preview |
|
Text
11. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (520kB) |
||
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
||
|
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Download (334kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan literasi matematika merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa karena menjadi tuntutan pembelajaran pada abad 21 ini. Model BBL yang menggunakan GeoGebra, dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika dan habits of mind siswa. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan literasi matematika siswa yang memperoleh model BBL berbantuan GeoGebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori, 2) untuk mengetahui apakah habits of mind siswa yang memperoleh model BBL berbantuan GeoGebra lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori, dan 3) untuk mengetahui apakah terdapat korelasi yang terjadi antara kemampuan literasi matematika dan habits of mind siswa yang memperoleh model BBL berbantuan GeoGebra. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian yaitu nonequivalent control group design. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 43 Bandung dengan sampel penelitian siswa kelas VIII-B digunakan sebagai kelas eksperimen yang menerima perlakuan model BBL dan siswa kelas VIII-A digunakan sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan model pembelajaran ekspositori. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan literasi matematika dan angket habits of mind. Hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) Peningkatan kemampuan literasi matematika siswa yang memperoleh model BBL berbantuan GeoGebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori, 2) habits of mind siswa yang memperoleh model BBL berbantuan GeoGebra lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori, dan 3) terdapat korelasi yang terjadi antara kemampuan literasi matematika dan habits of mind siswa yang memperoleh model BBL berbantuan GeoGebra. Kata Kunci: Literasi Matematika, Habits of Mind, Model Brain Based Learning, GeoGebra
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 07:10 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 07:10 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67088 |
Actions (login required)
View Item |