PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA MELALUI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN

PUTRI, SARI, 195050047 (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA MELALUI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstract.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Ringkesan.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB I.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. BAB II.pdf

Download (726kB) | Preview
[img] Text
17. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (943kB)
[img] Text
18. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
19. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img]
Preview
Text
20. Daftar Pustaka.pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

Adanya ilmu pengetahuan yang terus berkembang tidak lepas dari peran penting matematika. Matematika ialah bidang ilmu yang wajib ada di tiap jenjang pendidikan di Indonesia. Namun faktanya siswa cenderung sulit dalam memahami konsep matematika dan pasif pada proses pembelajaran karena adanya beberapa faktor sehingga perlu adanya kemampuan matematik terutama kemampuan pemahaman konsep matematis dan Self-Efficacy. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis, pencapaian Self-Efficacy dan korelasi kemampuan pemahaman konsep matematis dengan Self-Efficacy. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment). Siswa kelas XI IPA SMA Negeri 11 Bandung menjadi subjek penelitian dengan sampel yang diambil sebanyak dua kelas, diantaranya 36 siswa yang diberi perlakuan model Problem-Based Learning berbantuan video pembelajaran sebagai kelas eksperimen dan sebanyak 36 siswa diberi perlakuan model Problem-Based Learning sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tipe pilihan ganda dan uraian sebagai tes kemampuan pemahaman konsep matematis serta skala sikap menggunakan skala Likert. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan: 1) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan video pembelajaran lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model ProblemBased Learning, 2) Self-Efficacy siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan video pembelajaran lebih baik daripada siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning, 3) Tidak terdapat korelasi antara kemampuan pemahaman konsep matematis dengan Self-Efficacy siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan video pembelajaran. Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Self-Efficacy, Model Problem-Based Learning, dan Video Pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 10 Oct 2023 03:38
Last Modified: 10 Oct 2023 03:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67066

Actions (login required)

View Item View Item