PUTRI, SARI, 195050047 (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA MELALUI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (368kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (441kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak.pdf Download (359kB) | Preview |
|
|
Text
8. Abstract.pdf Download (360kB) | Preview |
|
|
Text
9. Ringkesan.pdf Download (359kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB I.pdf Download (482kB) | Preview |
|
|
Text
16. BAB II.pdf Download (726kB) | Preview |
|
Text
17. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (943kB) |
||
Text
18. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
19. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) |
||
|
Text
20. Daftar Pustaka.pdf Download (111kB) | Preview |
Abstract
Adanya ilmu pengetahuan yang terus berkembang tidak lepas dari peran penting matematika. Matematika ialah bidang ilmu yang wajib ada di tiap jenjang pendidikan di Indonesia. Namun faktanya siswa cenderung sulit dalam memahami konsep matematika dan pasif pada proses pembelajaran karena adanya beberapa faktor sehingga perlu adanya kemampuan matematik terutama kemampuan pemahaman konsep matematis dan Self-Efficacy. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis, pencapaian Self-Efficacy dan korelasi kemampuan pemahaman konsep matematis dengan Self-Efficacy. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment). Siswa kelas XI IPA SMA Negeri 11 Bandung menjadi subjek penelitian dengan sampel yang diambil sebanyak dua kelas, diantaranya 36 siswa yang diberi perlakuan model Problem-Based Learning berbantuan video pembelajaran sebagai kelas eksperimen dan sebanyak 36 siswa diberi perlakuan model Problem-Based Learning sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tipe pilihan ganda dan uraian sebagai tes kemampuan pemahaman konsep matematis serta skala sikap menggunakan skala Likert. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan: 1) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan video pembelajaran lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model ProblemBased Learning, 2) Self-Efficacy siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan video pembelajaran lebih baik daripada siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning, 3) Tidak terdapat korelasi antara kemampuan pemahaman konsep matematis dengan Self-Efficacy siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan video pembelajaran. Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Self-Efficacy, Model Problem-Based Learning, dan Video Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 03:38 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 03:38 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67066 |
Actions (login required)
View Item |