PRATAMA, FAUZI AZIS, 195050010 (2023) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELFCONCEPT SISWA SMA MELALUI MODEL CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar pengesahan.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
Abstract.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
Ringkesan.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (289kB) | Preview |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (467kB) |
||
Text
Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (819kB) |
||
Text
Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (161kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari bagaimana pencapaian kemampuan berpikir kritis matematis dan self-concept pada siswa SMA dapat dipengaruhi oleh penggunaan model CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara kemampuan berpikir kritis matematis dan self-concept pada siswa yang menggunakan model CORE. Penelitian eksperimen ini menggunakan jenis rancangan quasi experiment dengan desain Nonequivalent Control Group. Populasi penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas XI di SMA Pasundan 3 Bandung pada tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik random sampling, di mana kelas XI IPS 1 dijadikan sebagai kelompok eksperimen yang menerapkan model CORE, sedangkan kelas XI IPS 2 dijadikan sebagai kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Dalam penelitian ini, digunakan instrumen berupa lembar tes kemampuan berpikir kritis matematis dan angket self-concept sebagai alat pengumpulan data. Setelah dilakukan analisis data, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan model CORE lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. (2) self-concept yang menggunakan model CORE lebih baik dibandingkan siswa yang menggunakan model konvensional. (3) Terdapat korelasi antara kemampuan berpikir kritis matematis dan self-concept pada siswa yang menggunakan model CORE. Kata Kunci: berpikir kritis matematis, self-concept, model CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending).
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 09 Oct 2023 08:26 |
Last Modified: | 09 Oct 2023 08:26 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67015 |
Actions (login required)
View Item |