PENERAPAN METODE ESTAFET WRITING DALAM PEMBELAJARAN MENGUNGKAPKAN PENGALAMAN DAN GAGASAN DALAM BENTUK CERITA PENDEK PADA KELAS IX DI SMPN 48 BANDUNG

MUNIFAH, SILMI, 195030072 (2023) PENERAPAN METODE ESTAFET WRITING DALAM PEMBELAJARAN MENGUNGKAPKAN PENGALAMAN DAN GAGASAN DALAM BENTUK CERITA PENDEK PADA KELAS IX DI SMPN 48 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pernyataan.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (465kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img]
Preview
Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (207kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji cobakan metode estafet writing guna meningkatkan kemampuan menulis teks cerita pendek . Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui metode yang tepat untuk meningkatkan kemampuan menulis teks cerita pendek yang dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menulis teks cerita pendek meningkat dengan menggunakan metode estafet writingi pada kelas eksperimen. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai pretest 60,33 dan mengalami peningkatan hasil posttest dengan rata-rata 86,17. Terdapat perbedaan hasil belajar menulis teks cerita pendek antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, untuk kelas eksperimen mendapat nilai pretest rata-rata 86,17 dan untuk kelas kontrol mendapat nilai posttest dengan ratarata 81,83. Metode estafet writing efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks cerita pendek dibandingkan dengan metode incuiry learning. Hal ini bisa dibuktikan dengan hasil output hasil uji wilcoxon dengan perolehan hasil asymp.Sig. (2-tiled) sebesar 0,000 < 0,05, artinya varians antar kelompoknya setara, maka asumsi terpenuhi. Data di atas dapat dilihat bahwa asymp.Sig sebesar 0,000 < 0,05, maka hipotesis diterima dan metode estafet writing efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks cerita pendek. Kata Kunci: Menulis, Teks Cerita Pendek, Metode Estafet Writing, Metode Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 09 Oct 2023 06:38
Last Modified: 09 Oct 2023 06:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66997

Actions (login required)

View Item View Item