Abdilah, Fanny Rahmah, 185020045 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMAN 4 CIMAHI (Survei Pada Peserta Didik Kelas XI IPS Semester Genap Pada Mata Pelajaran Ekonomi Pada Materi Ketenagakerjaan Tahun Ajaran 2021/2022 di SMAN 4 Cimahi). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (343kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (443kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (660kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (116kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penulis yakni untuk mengetahui model pembelajaran Problem Based Learning di kelas XI IPS di SMAN 4 Cimahi, untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPS di SMAN 4 Cimahi pada pembelajaran ketenagakerjaan, serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpiki kritis peserta didik kelas XI IPS di SMAN 4 Cimahi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei cross sectional dengan sampel yang digunakan sebanyak 68 orang peserta didik. Adapun hasil penelitian ini yakni (i) Terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran ketenagakerjaan di kelas XI IPS di SMAN 4 CIMAHI dengan bobot rata-rata sebesar 3,99 dengan persentase sebesar 79,8% dikategorikan baik. (ii) Terdapat pengaruh pada kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran ketenagakerjaan di kelas XI IPS di SMAN 4 CIMAHI dengan bobot rata-rata sebesar 3,92% dengan persentase sebesar 78,4% dikategorikan baik, (iii) Model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPS SMAN 4 Cimahi dibuktikan dengan koefisien determinasi R Square dengan bobot 0,645 dengan persentasi 64,5% yang dikategorikan kuat. Saran: (i) Peserta didik diharapkan mampu meningkatkan minat belajarnya, (ii) Guru diharapkan mampu memberikan motivasi untuk peserta didik, (iii) Sekolah harus lebih baik lagi dalam memberikan suatu arahan serta masukan kepada guru, (iv) Peneliti yang akan melanjutkan penelitian ini diharapkan lebih mengkaji lagi mengenai referensi. Kata Kunci : Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2022 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 09 Oct 2023 01:23 |
Last Modified: | 09 Oct 2023 01:23 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66944 |
Actions (login required)
View Item |