KHOERIYAH, ULA NISA, 195060146 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN SUKANAGARA 01 KAB. BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (819kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (359kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (490kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (499kB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (109kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah tinggi rendahnya motivasi siswa dalam pembelajaran IPS dapat dilihat dari sikap yang ditunjukkan siswa selama kegiatan pembelajaran seperti semangat, tanggung jawab, minat mengerjakan tugas dan reaksi yang ditunjukkan siswa terhadap stimulus yang diberikan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran siswa yang menggunakan model problem based learning pada mata pelajaran IPS untuk mengetahui perbedaan dan peningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experiment dan Design berupa Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes yaitu pretest posttest dan non tes yaitu berupa observasi dan angket. Pretest posttest untuk mengetahui perbedaan peningkatan motivasi belajar, sedangkan observasi untuk melihat proses pembelajaran guru dan siswa apakah guru sudah menerapkan model Problem based learning dan apakah motivasi belajar siswa mengalami peningkatan setelah penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Sedangkan angket disini untuk melihat respon siswa pada kelas eksperimen dan kontrol apakah ada perbedaan peningkatan setelah diterapkannya model pembelajaran problem based learning terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Teknik pengolahan data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent sample t test. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat perbedaan peningkatan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, hal ini terlihat dari hasil uji independent sample t test yaitu hasil Sig. posttest (2-tailed) adalah 0,00 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbadaan peningkatan motivasi belajar siswa antara kelas konvensional dengan kelas yang menggunakan model problem based learning. Kata Kunci : Motivasi Belajar Siswa, Model problem based learning.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 07 Oct 2023 02:03 |
Last Modified: | 07 Oct 2023 02:03 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66912 |
Actions (login required)
View Item |