Auliawati, Ditia, 195020026 (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP ALUR KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN (Survey pada Mata Pelajaran Pengantar Kreatif Kewirausahaan Kelas XI Akuntansi Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023 di SMK Bina Warga Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
2. lembar pengesahan pembimbing.pdf Download (415kB) | Preview |
|
|
Text
3. lembar pengesahan penguji.pdf Download (452kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstrak.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstract.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text
8. Ringkesan.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
10. Bab I.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text
11. Bab II.pdf Download (343kB) | Preview |
|
Text
12. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (339kB) |
||
Text
13. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (563kB) |
||
Text
14. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
||
|
Text
15. Daftar Pustaka.pdf Download (198kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran Pengantar Kreatif Kewirausahaan kelas XI Akuntansi di SMK Bina Warga Bandung Tahun Ajaran 2022/2023 (ii) Bagaimana alur komunikasi dalam pembelajaran pada mata pelajaran Pengantar Kreatif Kewirausahaan kelas XI Akuntansi di SMK Bina Warga Bandung Tahun Ajaran 2022/2023 (iii) Seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap peningkatan alur komunikasi dalam pembelajaran pada mata pelajaran Pengantar Kreatif Kewirausahaan kelas XI Akuntansi di SMK Bina Warga Bandung Tahun Ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data berupa angket dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan: (i) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berada pada angka 4,41 dengan persentase 88% dan penafsiran sangat baik, (ii) alur komunikasi dalam pembelajaran berada pada angka 4,45 dengan persentase 89% dan penafsiran sangat baik, melalui analisis observasi memperoleh persentase terkecil 70,8%, (iii) hasil uji analisis Rank Spearman memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,026. Besar kontribusi yang diberikan variabel X dilihat dari R square sebesar 0,392, menunjukkan bahwa pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap alur komunikasi dalam pembelajaran sebesar 39,2% artinya tingkat pengaruh antar kedua variabel dikategorikan rendah. Peneliti menyampaikan saran kepada pihak terkait: (i) bagi peserta didik tetap konsisten pada hasil yang diperoleh, serta lebih aktif dan semangat dalam mengikuti pembelajaran, (ii) bagi sekolah melakukan evaluasi terhadap penggunaan model pembelajaran, dengan memberikan arahan kepada guru agar menerapkan model pembelajaran yang inovatif dan variatif salah satunya model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, (iii) bagi peneliti selanjutnya yang akan meneliti di bidang yang sama sebaiknya mengidentifikasi faktor-faktor lain yang dapat meningkatkan alur komunikasi dalam pembelajaran dan ketika menerapkan model pembelajaran sebaiknya dilaksanakan lebih dari satu pertemuan, hal tersebut bertujuan untuk menghasilkan alur komunikasi dalam pembelajaran yang lebih optimal. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Alur Komunikas
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 06 Oct 2023 08:21 |
Last Modified: | 06 Oct 2023 08:21 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66881 |
Actions (login required)
View Item |