IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS STUDENT AGENCY DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NARATIF DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA PESERTA DIDIK FASE D OLEH GURU PENGGERAK PADA KURIKULUM MERDEKA SMP NEGERI 4 CIMAHI TAHUN PELAJARAN 2023/2024

UMAR, ABDURRAHMAN (2023) IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS STUDENT AGENCY DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NARATIF DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA PESERTA DIDIK FASE D OLEH GURU PENGGERAK PADA KURIKULUM MERDEKA SMP NEGERI 4 CIMAHI TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Abstrak Tesis_Abdurrahman Umar_MPBSI_218090017.docx

Download (18kB)
[img] Text
Cover_Abdurrahman Umar_218090017.docx

Download (115kB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan, kemampuan menulis peserta didik dalam menulis teks naratif dan kemampuan bercerita yang masih sangat rendah. Hal ini terlihat dari hasil pretes < 70, serta rendahnya minat peserta didik. Hal ini terlihat dari hasil nilai peserta didik dalam membuat stuktur teks naratif sesuai kaidah kebahasaan yang baik dan benar. Hal lain yang menjadi permasalahan adalah pendidik yang belum memaksimalkan model pembelajaran lain saat mengajar sehingga berdampak pada kejenuhan peserta didik dan peserta didik tidak memerhatikan pendidik saat menerangkan. Akibatnya banyak peserta didik mengalami kesulitan pada saat membuat teks naratif dan dampaknya terhadap kemampuan bercerita. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methode dengan menggunakan tipe embedded Desigen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu desain penelitian quasi exoperimental. Quasi experimental yang diterapkan dalam penelitian ini menggunakan desain pretes-postes pada 72 responden yaitu 36 kelompok eksperimen dan 36 kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi problem based learning berbasis student agency dalam pembelajaran menulis teks naratif dan dampaknya terhadap kemampuan bercerita peserta didik efektif dilaksanakan di kelas oleh guru penggerak, kemampuan peserta didik menulis teks naratif dan dampaknya terhadap kemampuan berbicara dalam implementasi problem based learning berbasis student agency oleh guru penggerak meningkat 50%, terdapat pengaruh positif implementasi problem based learning berbasis student agency dalam pembelajaran menulis teks naratif dan dampaknya terhadap kemampuan bercerita peserta didik SMP Negeri 4 Cimahi pada kurikulum merdeka oleh guru penggerak, implementasi problem based learning berbasis student agency dapat meningkatkan kemampuan menulis teks naratif dan dampaknya terhadap kemampuan berbicara peserta didik dalam capaian pembelajaran bahasa Indonesia oleh guru penggerak, sehingga hipotesis teruji kebenarannya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa implementasi problem based learning berbasis student agency dapat meningkatkan kemampuan menulis teks naratif dan dampaknya terhadap kemampuan bercerita peserta didik. Kata kunci : PBL, Student Agency, Menulis Teks Naratif, Kemampuan Bercerita, Guru Penggerak, dan Kurikulum Merdeka

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2023
Depositing User: Mr PASCA-Asep -
Date Deposited: 06 Oct 2023 06:55
Last Modified: 06 Oct 2023 06:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66869

Actions (login required)

View Item View Item