Kamdhani, Aulia Namira (2022) PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA KOPIMAGE KABUPATEN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (976kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (991kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kopimage yang merupakan salah satu UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) coffeeshop yang berdiri sejak 2017 menjual berbagai produk F&B (food and Bavarage) terutama produk kopi nya dan menawarkan fasilitas yang nyaman bagi kaum muda-mudi untuk berkumpul santai dan juga menjadi tempat bersosialisasi yang menyenangkan untuk mencari teman baru. Kopimage sebagai salah satu coffeeshop yang berdiri selama kurang lebih 6 tahun berupaya untuk mengekspansi usahanya dengan mendirikan dua cabang lainnya di dua kota besar yaitu Jakarta dan Yogyakarta. Di era globalisasi sekarang ini mudah bagi seseorang untuk membangun bisnis baru yang membuat pesaing coffeshop barupun tidak berhenti berdatangan dan membuat tidak sedikit para pelanggan yang berpindah ke para pesaing baru yang menawarkan produk dan pelayanan serupa. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Customer Relationship Management terhadap Loyalitas Pelanggan pada Kopimage Kab.Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analis dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data primer dilakukan dengan observasi non partisipan, wawancara terstruktur dan angket. Sedangkan pengumpulan data sekunder dilakukan dengan dokumen, buku dan jurnal. Kuesioner disebarkan kepada 98 pelanggan Kopimage. Teknik analisis data yang digunakan dalam menghitung pengaruh Customer Relationship Management terhadap loyalitas pelanggan pada Kopimage dengan menggunakan uji validitas, uji reabilitas, regresi linier sederhana, koefien korelasi rank spearman dan analisa koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa Customer Relationship Management menunjukan pengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan pada Kopimage menunjukan pengaruh positif sebesar 53,7% pengaruhnya, sedangkan sisanya sebesar 46,3% merupakan pengaruh dari variabel lainnya yang tidak termasuk dalam penelitian ini seperti kualitas produk dan sebagainya. Saran yang dapat peneliti berikan adalah pemilik usaha sebaiknya meningkatkan kegiatan customer relationship management dalam melakukan strategi pemasaran yang lebih unggul dari sebelumnya. Yang diharapkan dengan melakukan strategi customer relationship management yang optimal maka dapat meningkatkan loyalitas pelanggan yang lebih baik. Pemilik usaha sebaiknya menghadirkan fasilitas yang lebih menarik dan lebih memadai lagi untuk para pelanggannya merasa nyaman dan puas dengan Kopimage sehingga pelanggan akan melakukan repurchase, retention dan referalls sehinggan profit yang didapatkan terus meningkat dan usaha yang dijalankan dapat terus berkembang. Kata Kunci : Customer Relationship Management, Loyalitas Pelanggan
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2023 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 05 Oct 2023 04:30 |
Last Modified: | 05 Oct 2023 04:30 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66750 |
Actions (login required)
View Item |