ADITIA ANANDA, Drs. H. Agus Setiawan, M.Sn. (2023) Perancangan Kampanye Layanan Masyarakat Mengenai Bahaya Hoax ADITIA ANANDA:196010017. Skripsi(S1) thesis, Desain Komunikasi Visual.
Text
Cover.docx Download (58kB) |
|
Text
Awal.docx Download (1MB) |
|
Text
Abstrak.docx Download (31kB) |
|
Text
Bab I.docx Download (60kB) |
|
Text
Bab II.docx Download (39kB) |
|
Text
Bab III.docx Download (8MB) |
|
Text
Bab IV.docx Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
|
Text
Bab V.docx Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
|
Text
LAMPIRAN.docx Download (1MB) |
Abstract
Survei Asian Parent menunjukkan bahwa ibu Indonesia menghabiskan rata-rata tiga jam sehari di media sosial. Jejaring sosial yang digunakan juga beragam seperti Instagram (95%), Facebook (85%) dan YouTube (83%). dengan aktivitas ini membuat khawatir karena media sosial seperti Facebook menjadi media sosial yang paling banyak penyebaran hoax nya, literasi digital mereka rendah. Selain itu persoalan biologis yang membuat kemampuan kognitif mereka menurun seiring bertambahnya usia, sehingga lebih rentan tertipu hoax. penulis menggunakan metode studi literatur dengan serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat, serta mengelola bahan penelitian, selain itu penulis melakukan observasi, wawancara ke ibu rumah tangga sebagai target penelitian juga kelembagaan terkait, dan menyebarkan Kuesioner Ibu Ibu tidak terlepas dari risiko terkena hoax, salah satu medianya adalah melalui gosip gosip antar Ibu-ibu. Penyebaran hoax bisa berawal dari gosip, karenanya jangan mudah percaya dan tetap mencari informasi lebih terkait kebenaran suatu berita, maka dari itu inti dari permasalahan yang didapatkan dan dijadikan sebagai what to say adalah “Saring sebelum sharing,” dengan banyaknya penyebaran hoax di Facebook yang mencapai 1000 lebih kasus di Jawa Barat, dan ditambah banyaknya pengguna juga masifnya ibu-ibu mengakses media sosial Facebook, ini menjadi permasalahan karna ibu-ibu rentan terpapar oleh hoax, ini disebabkan karna usia dan masih banyak faktor lainnya, hal ini menjadikan penulis ingin membuat sebuah iklan layanan masyarakat yang bertujuan mengedukasi agar ibu-ibu ini selalu waspada dan selalu saring informasi yang ada di media sosial. Kata Kunci : Kampanye, Hoax, Ibu rumah tangga
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Seni dan Sastra > Desain Komunikasi Visual 2023 |
Depositing User: | oman rohman |
Date Deposited: | 03 Oct 2023 01:58 |
Last Modified: | 03 Oct 2023 01:58 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66450 |
Actions (login required)
View Item |