Firdaus, Juliana Fajar, 195030025 (2023) ANALISIS PSIKOLOGI SASTRA TERHADAP RAPE TRAUMA SYNDROME PELAKU UTAMA NASKAH DRAMA DEATH & THE MAIDEN KARYA ARIEL DORFMAN SEBAGAI ALTERNATIF REFERENSI BAHAN AJAR KELAS XI SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (305kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (558kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (96kB) | Preview |
Abstract
Sastra adalah sajian karya yang bukan hanya menyajikan hiburan, akan tetapi turut mengajarkan nilai-nilai kehidupan. Selain sarat keindahan yang dapat dinikmati, sebuah karya sastra harus mengandung hikmah yang dapat dimaknai. Sastra dapat menjadi ruang belajar bagi yang menikmatinya. dengan begitu, sastra pun berkaitan dengan pendidikan. Pada praktiknya di sekolah, pembelajaran sastra masih penuh kendala. Mayoritas pembelajaran sastra di sekolah masih bersifat teoretis, hanya berfokus terhadap teks, bukan value dari isinya. Salah satu karya sastra yang dapat dinikmati adalah drama. Pada cerita drama terdapat pembelajaran tentang realitas kehidupan yang dapat dimaknai oleh peserta didik di sekolah. Khususnya nilai-nilai yang dapat menstimulus kepekaan peserta didik ihwal moral dan kehidupan bersosial. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis Rape Trauma Syndrome pelaku utama naskah drama “Death and the Maiden” karya ariel dorfman, sebagai representasi dari korban kekerasan seksual. Adanya penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apa saja konteks gejala trauma yang menyasar kejiwaann dari korban kekerasan seksual, bagaimana wujud mental dari korban, dan bagaimana struktur kepribadian korban ditinjau dari perspektif psikoanalisis. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan psikologi sastra sebagai pendekatannya. Dari hasil penelitian, ditemukan 9 konteks gejala Rape Trauma Syndrome pada naskah drama yang terbagi dalam gejala akut dan reorganisasi. Selain itu, terdapat 9 gejala trauma yang ditunjukkan oleh tokoh utama, yang terbagi menjadi gejala Hyperarousal, Intrusive, dan Numbing. Perihal struktur kepribadian, ditemukan 22 data yang terbagi menjadi 10 Id, 7 Ego, serta 5 Super Ego. Hasil dari analisis akan dijadikan alternatif referensi bahan ajar drama untuk kelas XI SMA Kata Kunci: sastra, drama, bahan ajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 02 Oct 2023 23:28 |
Last Modified: | 02 Oct 2023 23:28 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66377 |
Actions (login required)
View Item |