Pengaruh Komunikasi Pemasaran Tiktok Shop Terhadap Minat Beli Pada Mahasiswa Fisip Unpas Jurusan Ilmu Komunikasi Angkatan 2020

Annisa, Iin (2023) Pengaruh Komunikasi Pemasaran Tiktok Shop Terhadap Minat Beli Pada Mahasiswa Fisip Unpas Jurusan Ilmu Komunikasi Angkatan 2020. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
Daftar pustaka skripsi iin annisa - 148.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I skripsi iin annisa - 148.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi skripsi iin annisa.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II skripsi iin annisa - 148.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover skripsi iin annisa - 148.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak skripsi iin annisa - 148.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata pengantar skripsi iin annisa - 148.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar pengesahan skripsi iin annisa - 148.pdf

Download (57kB) | Preview

Abstract

Komunikasi pemasaran sebagai sebuah usaha dalam menyampaikan pesan kepada komunikan terutama konsumen sasaran mengenai keberadaan produk di pasar. Aplikasi tiktok menjadi salah satu media sosial sebagai platform promosi dan penjualan online (market place) setelah berevolusi dari aplikasi yang hanya membuat dan menyebarkan beragam video pendek dalam format yang berbentuk vertikal, tiktok menjadi pihak ketiga dengan menyediakan market place dan memungkinkan penggunanya mengedit video yang didukung dengan musik, hastag atau tagar yang sedang viral sebagai pendukung promosi dengan menginformasikan produk hingga menarik perhatian konsumen. Kalangan mahasiswa cukup mendominasi penggunaan aplikasi Tiktok, dengan mengikuti trenddan kemudahan berbelanja yang ditawarkan sangat berpengaruh positif terhadap pemakaian dan sebagai sarana pemenuh kebutuhan pengguna. Tetapi tiktok juga mempunyai dampak negatif penggunanya seperti kurangnya kepercayaan konsumen terhadap penjual. Penelitian ini berjudul “Pengaruh Komunikasi Pemasaran Tiktok Shop Terhadap Minat Beli Pada Mahasiswa Fisip Unpas Angkatan 2020”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh komunikasi pemasaran dengan dimensi (periklanan, personal selling, promosi penjualan, publisitas dan humas) terhadap minat beli Mahasiswa Fisip sebagai pengguna Tiktok Shop. Teori yang digunakan adalah teori AIDA yang berasumsi adanya proses yang dilalui calon konsumen sebelum melakukan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah Teknik Probability Sampling dengan menggunakan metode simple random sampling. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fisip Unpas Jurusan Ilmu Komunikasi Angkatan 2020, dengan jumlah penarikan sampel sebanyak 82 responden. Pengumpulan data yang digunakan adalah data primer berupa angket, dan data sekunder berupa buku, jurnal dan peneliti terdahulu. Analisis data penelitian ini adalah path analysis atau analisis jalur. Berdasarkan hasil koefisien jalur terdapat 1 dimensi yang berpengaruh terbalik terhadap minat beli, dan terdapat hasil signifikan pengaruh komunikasi pemasaran tiktok shop terhadap minat beli secara simultan sebanyak 65,2%. Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, Minat Beli, Tiktok Shop

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 30 Sep 2023 07:07
Last Modified: 30 Sep 2023 07:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66298

Actions (login required)

View Item View Item