Andrian, Kiki (2023) PENYESUAIAN DIRI ANAK DISABILITAS NETRA DI SLB NEGERI CINTA ASIH SOREANG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
|
Text
1. Cover.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
4. Abstrak.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
3. Pernyataan.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
5. Kata Pengantar.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
7. Daftar Isi.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
8. Bab I.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text
13. Daftar Pustaka.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
9. Bab II.pdf Download (282kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penyesuaian diri anak disabilitas netra, faktor pendorong dan penghambat dalam penyesuaian diri, dan implikasi praktis dan teoritis pekerja sosial. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan dalam penelitian ini terdiri dari pendamping lapangan, guru kelas, dan anak di sekolah luar biasa negeri cinta asih soreang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumen. Analisa data kualitatif yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data, member check. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam penyesuaian diri terdapat aspek menguasai kebutuhan dalam diri, ketegangan, frustasi, dan konflik. Dalam hal ini pihak sekolah memberikan aktivitas belajar mengajar dikelas dan memiliki kegiatan mingguan rutin yaitu vokasi komputer bertujuan untuk mengasah potensi anak disabilitas netra. Faktor pendorong dari internal anak dengan disabilitas Netra yang memiliki persepsi diri yang positif dan motivasi yang tinggi akan cenderung lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungannya, faktor pendorong eksternal Dukungan keluarga yang kuat dan penerimaan dari teman sebaya dapat memberikan dukungan emosional dan sosial yang penting bagi anak dengan disabilitas Netra dalam proses penyesuaian diri mereka. Faktor penghambat dari internal ragu namun berjalannya waktu dapat menyesuaikan karena lingkungan sekolahnya dapat saling mendukung karena keterbatasannya satu dengan yang lain faktor penghambat eksternal ada kekhawatiran yang timbul ketika anak-anak dengan disabilitas netra berada di luar lingkungan sekolah kurangnya aksesibilitas fisik dan lingkungan yang ramah bagi disabilitas di luar sekolah. Anak-anak dengan disabilitas netra mungkin menghadapi kesulitan dalam mengakses fasilitas dan lingkungan yang tidak memadai atau tidak ramah bagi mereka. Implikasi praktis dan teoritis pekerja sosial dalam proses penyesuaian diri anak disabilitas di sekolah negeri cinta asih ini yaitu sebagai Broker, Educator, dan Motivator Kata Kunci : penyesuaian diri, anak, disabilitas netra, slbn cinta asih soreang
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2023 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 02:41 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 02:41 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66060 |
Actions (login required)
View Item |