Syafitri, Nabila Fatimah (2023) PENGARUH SELF-SERVICE TECHNOLOGY TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN KOPI TOKO DJAWA DI JALAN BRAGA. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (433kB) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHANN.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (449kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (778kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (627kB) | Preview |
Abstract
Kopi Toko Djawa merupakan salah satu brand coffe shop dengan bangunan bersejarah yang bergerak di bidang F&B (Food and Beverage) berdiri tahun 2017, menjual berbagai menu mulai dari produk kopi, non kopi dan makanan ringan seperti kue-kue pastry. Berdasarkan hasil penelitian awal yang dilakukan di Kopi Toko Djawa Jalan Braga peneliti menemukan masalah yaitu masih adanya ketidakpuasan konsumen karena self service technology dan adanya ketidak sesuaian dalam waktu proses pembuatan pesanan konsumen yang telah dijanjikan sehingga perlu ditingkatkan lagi pelayanannya. Permasalahan tersebut diduga karena Kopi Toko Djawa kurang mampu memenuhi apa yang konsumen inginkan dan harapkan. Kopi Toko Djawa memberikan layanan mandiri kepada konsumen, tetapi dalam proses pengambilannya saja dan jika perangkat tersebut berbunyi tanda pesanan sudah dapat diambil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh self service technology terhadap kepuasan konsumen Kopi Toko Djawa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan penyebaran kuisoner kepada 60 responden. Teknik analisis data yang digunakan melalui uji validitas, uji reliabilitas, regresi linear sederhana, uji korelasi dan uji hipotesis. Data yang diperoleh dari penelitian, bahwa terdapat pengaruh dan hubungan mengenai self service technology terhadap kepuasan konsumen Kopi Toko Djawa sebesar 34,6% sedangkan sisanya sebesar 65,4% ditentukan oleh faktor-faktor lain seperti brand, harga dan lokasi usaha di luar penelitian. Hambatan dan upaya terkait self service technology yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dalam penyampaian informasi dari sistem yang digunakan dan proses pembuatan pelayanan online offline yang bisa dipisahkan, maka Kopi Toko Djawa harus mengupayakan penyampaian informasi tertulis di toko agar dipahami konsumen tanpa di jelaskan karyawan dan mempersingkat waktu dalam proses pembuatan pesanan. Saran yang dapat peneliti sampaikan kepada Kopi Toko Djawa lebih mengoptimalkan lagi dan research kembali self service technology agar efektif dan efisien pelayanannya, serta memaksimalkan interaksi dalam penyampaian informasi kepada konsumen agar semakin baik dan tercapainya kepuasan konsumen. Kata Kunci: Self Service Technology, Kepuasan Konsumen, Kopi Toko Djawa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2023 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 01:03 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 01:03 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66025 |
Actions (login required)
View Item |