Yusriah, Yumna Nasywa (2023) STRATEGI NATION BRANDING JEPANG MELALUI COOL JAPAN INITIATIVE DALAM MENINGKATKAN APRESIASI BUDAYA JEPANG DI INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
|
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (495kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (775kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (193kB) | Preview |
Abstract
Peran Jepang dalam membangun suatu image positif dengan melakukan branding pada negaranya di Asia Timur menjadi salah satu bentuk tantangan yang terus berkiprah dilakukan untuk mengembangkan strategi berdiplomasi hingga tersohor di level internasional, salah satunya Indonesia. Semua bermula dari adanya Cool Japan Initiative atau sebuah istilah yang muncul karena banyaknya penyebaran budaya Jepang dimana hal itu menjadi salah satu upaya Jepang dalam mempertahankan image positifnya terhadap identitas branding yang dibawakan oleh Jepang. Cool Japan sendiri merupakan sebuah bentuk dukungan program strategi yang dipangku oleh pemerintahan Jepang dalam mengutamakan sektor hiburan yang banyak diiniasi oleh ide kreatifitas yang tinggi. Setelah munculnya Cool Japan ini, kebudayaan Jepang semakin berkembang pesat. Adapun kajian dari penulisan penelitian ini ditujukkan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana upaya Jepang yang dilakukan terhadap Indonesia melalui persebaran diplomasi budaya populer seperti anime, manga, dan fashion dimana hal itu dimuat dalam artikel web yang dirilis METI tahun 2012, dijelaskan bahwa manga, anime, dan fashion termasuk ke dalam kategori budaya pop Jepang. Hal ini dapat membantu Jepang dapat mereposisi ekonomi sehingga mengutamakan penyebaran kebudayaan nasional Jepang dengan terus memperkenalkan konsep kebijakan luar negeri Cool Japan Initiative. Dengan begitu, masyarakat Indonesia yang menjadi target penyebaran budaya Jepang, akan lebih menerima dan menjadi konsumen yang menggemari konten kreatif Jepang sehingga hal tersebut akan melahirkan dampak positif terhadap apresiasi- apresiasi atas tindakan Jepang dalam mempopulerkan budayanya di Indonesia. Metode yang diaplikasikan pada penelitian ini menggunakan Deskriptif- Kualitatif menurut Kristanto yang dimana metode ini diterapkan untuk menganalisis sebuah peristiwa secara objektif dan sistematis yang dilakukan dengan cara mengumpulkan, mengevaluasi, memvalidasi, dan mempadukan bukti-bukti untuk menjabarkan fakta-fakta dan memperoleh konklusi secara aktual. Bentuk upaya-upaya nation branding yang disalurkan Jepang terhadap Indonesia dengan mendirikan beberapa program yang bertajukkan kebudayaan Jepang seperti festival, Cool Japan Fund, dan event lainnya untuk lebih menarik perhatian, daya tarik, dan apresiasi yang dapat dikonsumsi secara baik oleh masyarakat Indonesia dimana hal itu selalu diharmonisasikan oleh nilai-nilai budaya Jepang lainnya yang menjadi dimensi identitas Jepang serta agar dapat mencapai target-target Cool Japan Initiative yang diinginkan. Kata Kunci: Cool Japan, Diplomasi Budaya, Soft Power, Nation Branding
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2023 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 07:08 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 07:08 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65269 |
Actions (login required)
View Item |