KHOIRUNNISA,, 195040054 (2023) IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN ARTICULATE STORYLINE 3.0 SEBAGAI KOMPONEN TPACK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS PESERTA DIDIK PADA MATERI ANIMALIA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN KHOIRUNNISA.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
3. LEMBAR PENGUJI KHOIRUNNISA.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstrak.pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstract.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
8. Ringkesan.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
10. Bab I.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
11. Bab II.pdf Download (630kB) | Preview |
|
Text
12. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (651kB) |
||
Text
13. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (537kB) |
||
Text
14. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) |
||
|
Text
15. Daftar Pustaka.pdf Download (464kB) | Preview |
Abstract
Peserta didik mengalami kesulitan dalam berpikir analitis untuk memahami materi Animalia karena penggunaan media pembelajaran yang kurang efektif dan efisien mengakibatkan peserta didik kurang berperan aktif selama pembelajaran sehingga diperlukan media pembelajaran interaktif yang berpusat pada peserta didik. Penggunaan Articulate Storyline dalam kerangka kerja TPACK dapat meningkatkan interaksi peserta didik dalam pembelajaran. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan kemampuan analisis peserta didik melalui pembelajaran yang menggunakan media yang dikembangkan dengan Articulate Storyline dalam kerangka kerja TPACK pada materi Animalia. Metode penelitian menggunakan Pre-Experimental Design yang dirancang dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilaksanakan di SMA Pasundan 3 Bandung dengan sampel 34 siswa di kelas X MIPA 3 yang dipilih dengan teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda untuk mengukur kemampuan analisis peserta didik serta kuesioner untuk mengukur respon peserta didik. Nilai pretest 31,32 dan posttest 83,23 dengan N-gain sebesar 62% termasuk kategori tinggi. Hasil kuesioner respon peserta didik yang menjawab “Ya” sebesar 90,1% dan yang menjawab “Tidak” sebesar 9,9%. Implementasi pengembangan media pembelajaran dengan Articulate Storyline sebagai komponen TPACK dalam pembelajaran materi Animalia dapat meningkatkan kemampuan analisis peserta didik. Saran untuk penelitian selanjutnya agar lebih mengeksplor materi dalam membuat pretest dan posttest sehingga menghasilkan soal-soal yang berkualitas. Kata Kunci : Articulate Storyline 3.0, Animalia, TPACK
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 06:20 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 06:20 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65262 |
Actions (login required)
View Item |