RAFLI, SUTAN HAYDAR (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGEMBANGKAN KESADARAN DISIPLIN PESERTA DIDIK PASCA COVID-19 (Studi Kasus di SMK PASUNDAN 1 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar pengesahan(2).pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
5. Abstrak.pdf Download (5kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstract.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
8. Bab I.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
9. Bab II.pdf Download (466kB) | Preview |
|
Text
10. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
Text
11. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
||
Text
12. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
||
|
Text
13. Daftar Pustaka.pdf Download (127kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan guna untuk mengetahui bagaimana cara mengembangkan kesadaran disiplin peserta pasca covid-19 di SMK Pasundan 1 Bandung. Pada saat ini kedisiplinan peserta didik semakin melemah karena terbiasa aktivitas dari rumah dan tidak membiasakan diri mengimplementasikan kedisiplinan pada kehidupan sehari-hari. Rendahnya kesadaran disiplin peserta yang menjadi latar belakang dalam penelitian ini. Adapun rumusan maslah dalam penelitian ini: Bagaimana cara guru PPKn sebagai pendidk dalam mengembangkan kedisiplinan peserta didik di SMK Pasundan 1 Bandung pasca covid-19, Bagaimana kendala yang dihadapi guru PPKn dalam mengembangkan kedisiplinan yang dilakukan peserta didik di SMK Pasundan 1 Bandung, Bagaimana solusi guru PPKn untuk mengembangkan kedisiplinan perserta didik di SMK Pasundan 1 Bandung pasca covid-19. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian ini dengan cara menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif, dan melakukan pengumpulan data melalui cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Narasumber yang terlibat dalam penelitian ini merupakan Guru PPKn dan Peserta didik SMK Pasundan 1 Bandung. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru PPKn dapat mengembangkan kedisiplinan peserta didik pasca covid-19. Keberhasilan mengembangkan kedisiplinan memerlukan kerjasama antara pihak sekolah, guru, serta orang tua untuk bisa mengimplementasikan nilai-nilai dan prinsip kedisiplinan dalam kehidupan sehari hari. Dan bisa mengamalkan nilai-nilai moral serta menanamkan bhineka tunggal ika dilingkungan sekolah agar bisa saling menghormati dan menghargai pada saat proses belajar dan mengajar dikelas. Kata Kunci: Kedisiplinan, Peserta Didik, dan Peran Guru PPKn
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 22 Sep 2023 06:10 |
Last Modified: | 22 Sep 2023 06:10 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65193 |
Actions (login required)
View Item |