SINTIA, BELLA, 195060149 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Eksperimen Kelas V SD Negeri 1 Langensari Kab.Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER DEPAN.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (289kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (582kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (844kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (202kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya inovasi dalam penggunaan model pembelajaran menyebabkan siswa kurang dalam berpikir kritis dan kurang anusias dalam memperhatikan pembelajaran yang dibuktikan dengan rendahnya hasil tingkat berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh berpikir kritis pembelajaran IPA antara kelas konvensional dengan kelas yang diberikan perlakuan model inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan ialah nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini ialah siswa keas V SD N 1 Langensari yang terdiri dari 2 kelas yaitu VA sebagai kelas kontrol dan kelas V B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 50 siswa. Teknik pengambilan data pada penelitian ini ialah mengguaakan tes dan observasi. Tes berupa pretest dan posttest yang diberikan kepada masing-masing kelas sampel penelitian berupa soal yang sama dan lembar observasi kemampuan berpikir kritis siswa. Setelah data hasil tes didapatkan, peneliti melakukan analisis data dan menunjukkan bahwa rata-rata posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontol. Selain itu dilakukan analisis dengan uji Independent Samples Test dengan bantuan aplikasi SPSS 26, didapat hasil nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Dilakukan uji effect size. Di dapati hasil sebesar 1,26 dengan interpretasi dalam kategori kuat.Maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran Inquiry terhadap berpikir kritis lebih tinggi dari siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Kata kunci : Model Inquiry, Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 04:09 |
Last Modified: | 19 Sep 2023 04:09 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65122 |
Actions (login required)
View Item |