SALSABILA, 195060061 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SDS IRK KOTA BANDUNG (Penelitian Quasi Eksperimen di Kelas IV Pada Mata Pelajaran Matematika di SDS IRK KOTA BANDUNG). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (615kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB I.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB II.pdf Download (232kB) | Preview |
|
Text
11. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) |
||
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
||
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (149kB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar merupakan prestasi yang dicapai peserta didik melalui pembelajaran yang meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotor yang di kuasai oleh peserta didik. Permasahalah ini banyak peserta didik yang hasil belajar matematika nya di bawah KKTP, hanya sebagian saja yang memenuhi ketuntasan. Berdasarkan hal tersebut perlu adanya model pembelajaran yang diberikan agar peserta didik aktif dalam pembelajaran khusus nya dalam pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, menganalisis, dan mendeskripsikan pengaruh model Problem Based Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen (quasi eksperimen) dengan design penelitian yang digunakan adalah design control group. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi dan dokumentasi. Tes yang digunakan adalah pretest dan posttest yang dijadikan sebagai hasil belajar peserta didik. Sampel yang digunakan yaitu kelas IV-A sebagai kelas eksperimen menggunakan model PBL dan IV-B sebagai kelas kontrol menggunakan model konvensional. Teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent sample t test yang dibantu oleh SPSS 25. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh gambaran proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berjalan dengan lancar. Model PBL lebih baik dari pada model konvensional karena nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi 81,00 dari pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata 56,00. Dan menggunakan uji independents sample T-test signifikan yaitu 0,000 sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis data signifikan t tabel maka H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya terdapat pengaruh dalam model PBL terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV di SD IRK Kota Bandung. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Hasil Belajar Matematika.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 15 Sep 2023 03:40 |
Last Modified: | 15 Sep 2023 03:40 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65087 |
Actions (login required)
View Item |