YUSTIKASARI, KHAIRUNNISA FITRIANY, 195030003 (2023) KRITIK SASTRA FEMINIS DALAM NOVEL THE PERFECT WORLD OF MIWAKO SUMIDA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR MENGANALISIS ISI SERTA KEBAHASAAN NOVEL PADA KELAS XII SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (252kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (682kB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (52kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui isi, struktur, serta unsur kebahasaan pada novel The Perfect World of Miwako Sumida karya Clarissa Goenawan; mengetahui kritik sastra feminis yang terdapat pada novel The Perfect World of Miwako Sumida karya Clarissa Goenawan sebagai alternatif bahan ajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia tingkat SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya Teknik catat dan baca. Adapun hasil penelitian yaitu: pertama, isi, struktur, dan unsur kebahasaan yang terdapat pada novel The Perfect World of Miwako Sumida karya Clarissa Goenawan telah terpenuhi. Hal tersebut dapat dibuktikan karena terdapat cerita, struktur abstrak, orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi, dan koda. Pada novel tersebut juga terdapat unsur intrinsik berupa tokoh, penokohan, alur, latar (tempat, waktu, suasana), sudut pandang, dan amanat. Pada novel tersebut juga terdapat kaidah kebahasaan yang berupa, penggunaan kalimat langsung, kalimat lampau, verba material,verba mental, konjungsi temporal, dan kata sifat. Kedua kritik sastra feminis yang terdapat dalam novel The Perfect World of Miwako Sumida karya Clarissa Goenawan telah terpenuhi. Hal tersebut dapat dibuktikan, karena terdapat gender marginalisasi, gender subordinasi, gender stereotip, gender kekerasan, dan gender beban kerja. Ketiga kealayakan hasil analisis untuk dimanfaatkan menjadi bahan ajar. Berdasarkan hasil tersebut peneliti menyimpulkan bahwa, beberapa hasil temuan dalam analisis ini dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk bahan pembelajaran karena sudah sesuai dengan tuntutan kurikulum merdeka atau sesuai dengan Capaian Pembelajaran. Kata kunci: Isi, Struktur, Kebahasaan, Kritik Sastra Feminis. Novel.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 14 Sep 2023 07:54 |
Last Modified: | 14 Sep 2023 07:54 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65082 |
Actions (login required)
View Item |