TANIA, RAHMA, 195060095 (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK (Penelitian di Kelas V SDN Pasirluhur Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (368kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (687kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (819kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (436kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi pegumpulan dan penyajian data dikarenakan guru masih kurang dalam menggunakan model pembelajaran, sehingga nilai ulangan harian yang diperoleh peserta didik belum tercapai sesuai dengan harapan. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian implementasi model pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang menggunaan model pembelajaran kontekstual dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan memiliki efek yang besar dalam meningkatkan kemampuan pemecahaman masalah matematis peserta didik. Hal tersebut dibuktikan oleh uji-t pada nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,005 < 0,05 dikatakan terdapat perbedaan yang signifikan dan memiliki efektivitas yang besar dibuktikan dengan uji effect size sebesar 0,95 dengan interpretasi dalam kategori besar. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kontekstual dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 14 Sep 2023 07:48 |
Last Modified: | 14 Sep 2023 07:48 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65081 |
Actions (login required)
View Item |