IMPLEMENTASI APLIKASI ETHNO-EDUGAMES (BEBENTENGAN) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI

Rustiwa, Hilma Dewi (2023) IMPLEMENTASI APLIKASI ETHNO-EDUGAMES (BEBENTENGAN) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstract.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Ringkesan.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Bab I.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. Bab II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
12. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)
[img] Text
13. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] Text
14. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img]
Preview
Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (249kB) | Preview

Abstract

Penguasaan konsep dapat memperkuat kemampuan intelektual dan membantu siswa memecahkan masalah dan mengarah pada pembelajaran yang bermakna. Kearifan lokal memiliki potensi untuk berkembang diberbagai bidang, khususnya di bidang pendidikan. Kearifan lokal merupakan ciri sutau daerah yang sarat dengan budaya dan ciri kehidupan masyarakat sehari-hari. Indonesia memiliki kekayaan budaya lokal yang berbeda di setiap daerah. Tujuan khusus penelitian ini untuk mengetahui hasil implementasi aplikasi Ethno-edugames (Bebentengan) untuk meningkatkan penguasaan konsep biologi. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi-eksperimental dengan non-equivalent control group desain. Penelitian ini dilakukan di SMA Kartika XIX-1 Bandung dengan menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing kelas berjumlah 30 siswa. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest sebanyak 25 soal serta kuisioner sebagai penunjang data. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu implementasi aplikasi ethno-edugames (bebentengan) dalam kegiatan pembelajaran siswa kelas X materi ekosistem dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa, dengan hasil perhitungan N-gain pada kelas eksperimen dengan ratarata 0,72 dengan kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol dengan rata-rata 0,53 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil uji t yang dilakukan dengan bantuan SPSS 25 memperoleh hasil Sig (2-tailed) 0,047 < 0,05 maka Ha diterima. Hasil respon siswa terhadap aplikasi ethno-edugames (bebentengan) mendapatkan respon positif karena mencapai persentase dengan kategori sangat baik. Kata kunci : Penguasaan konsep, Kearifan lokal, aplikasi ethno-edugames (bebentengan), pretest, posttest.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 01 Sep 2023 08:07
Last Modified: 01 Sep 2023 08:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64896

Actions (login required)

View Item View Item