IRMA YANTI, 105060164 (2016) PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA KELOMPOK PESERTA DIDIK DALAM PELAJARAN IPS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
11. COVER.docx Download (160kB) |
|
Text
1. LEMBAR PENGESAHAN.docx Download (14kB) |
|
Text
2. MOTTO.docx Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
|
Text
19.SURAT PERNYATAAN.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.docx Download (20kB) |
|
Text
3. KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
|
Text
4. UCAPAN TERIMAKASIH.docx Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
|
Text
16. DAFTAR ISI.docx Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
|
Text
6. BAB I.docx Download (31kB) |
|
Text
7. BAB II.docx Download (56kB) |
|
Text
8. BAB III .docx Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
|
Text
9. BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
|
Text
10. BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan si SD Negeri 1 Cikidang Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat dengan subyek penelitian adalah kelas VI. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kerja kelompok peserta didik dalam pelajaran IPS. Pada penelitian ini penelitian mengambil meteri mengenai kenampakan alam dan social Negara-negara tetangga dengan penggunaan model Cooperative Learning Tipe NHT (Numbered Head Together) dalam pembelajarannya. Objek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 1 Cikidang Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat dengan jumlah 28 orang yang terdiri atas 11 orang laki-laki dan 17 orang perempuan, adapun instrument yang dipakai dalam penelitian ini adalah lembar kerja kelompok. Pengolahan dan pengumpulan data berdasarkan dari hasil tes, lembar observasi siswa. Dari hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan presentase hasil belajar siswa menggunakan model Cooperative Learning Tipe NHT (Numbered Head Together) mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya, pada siklus I dengan presentase 46,42%, Pada siklus II dengan presentase 60,71% , Pada siklus III dengan presentase 82,14%. Hal itu di karenakan pada pembelajaran model Cooperative Learning Tipe NHT (Numbered Head Together), dapat merangssang meningkatnya kualitas kemampuan kerja kelompok. Peserta didik yang terlibat aktif dalam kelompok akan mampu mengembangkan kemampuan diri dalam kelompok serta dapat memecahkan maslaah secara bersama-sama. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan model Cooperative Learning Tipe NHT (Numbered Head Together) dapat meningkatkan kemampuan kerja kelompok peserta didik dalam pembelajaran IPS. Dengan demikian penggunaan model Cooperative Learning Tipe NHT (Numbered Head Together) dapat dijadikan sebagai salah satu alternative metode pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS. Kata Kunci : Model Cooperative Learning Tipe NHT (Numbered Head Together) , Meningkatkan Kemampuan Kerja Kelompok, IPS.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2014 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 27 Jul 2016 14:31 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 14:31 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/6484 |
Actions (login required)
View Item |