PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) (Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di SMA Negeri 19 Bandung Tahun Ajaran 2022/2023)

ROHMAHWATI, WINEKE, 195020075 (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) (Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di SMA Negeri 19 Bandung Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1.COVER DEPAN.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (290kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran, serta mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 19 Bandung. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 19 Bandung, tahun ajaran 2022/2023, terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI-H sebagai kelas ekperimen dan XI-G sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, pretest dan posttest, dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan untuk menjawab permasalah tersebut menggunakan pendekatan kuantitatif dan studi kuasi eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dimana pada kelas eksperimen skor pretest yaitu 55,76 dan skor posttest yaitu 84,73, sedangkan pada kelas kontrol skor pretest yaitu 54,44 dan skor posttest yaitu 67,50. Meningkatnya kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan pengujian hipotesis dapat dilihat bahwa nilai signifikansi sebesar 0,00 atau lebih kecil dari 0,05 yang artinya hipotesis yang berbunyi terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) peserta didik pada mata pelajaran ekonomi meningkat sebesar 28,97%. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada guru agar aktif dalam memberikan pembelajaran dengan memanfaatkan berbagai model pembelajaran. Bagi kepala sekolah diharapkan mampu meningkatkan fasilitas penunjang pembelajaran. Bagi kepala sekolah baiknya memberikan pengarahan kepada guru untuk mengembangkan model pembelajaran. Bagi siswa diharapkan dapat lebih aktif dalam pembelajaran. Bagi peneliti selanjutnya sebaiknya melakukan penelitian lebih lanjut di sekolah yang berbeda. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 25 Aug 2023 02:46
Last Modified: 25 Aug 2023 02:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64802

Actions (login required)

View Item View Item