PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP

Siregar, Lena Hotria, 195050034 (2023) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstract.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Ringkesan.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Bab I.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Bab II.pdf

Download (943kB) | Preview
[img] Text
11. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)
[img] Text
12. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (243kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Salah satu penyebab nilai matematika siswa yang rendah adalah kurangnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa perlu menerapkan model pembelajaran yang efektif, salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah model Discovery Learning berbantuan Wordwall. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model Discovery Learning berbantuan Wordwall lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran Ekspositori, untuk mengetahui apakah kemampuan Selfconfidence siswa SMP yang memperoleh model Discovery Learning berbantuan Wordwall lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran Ekspositori, untuk mengetahui apakah terdapat korelasi positif yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis matematis dan Self-confidence siswa SMP yang memperoleh model Discovery Learning dengan berbantuan Wordwall. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experimen) dengan jenis penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 43 Bandung dengan sampelnya siswa kelas VIII yang dipilih menurut pertimbangan tertentu dengan jumlah sampel 60 siswa, diantaranya kelas eksperimen yaitu VIII-F sebanyak 30 siswa dan kelas kontrol yaitu VIII-G sebanyak 30 siswa . Instrumen dalam penelitian ini berupa tes kemampuan berpikir kritis matematis dan angket Self-confidence. Instrumen tes kemampuan berpikir kritis matematis diberikan saat pre-test dan Post-test, sedangkan angket Selfconfidence diberikan saat Post-test. Analisis data hasil penelitian menggunakan bantuan Software IBM SPSS 24 for Windows. Berdasarkan analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model Discovery Learning berbantuan Wordwall lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran Ekspositori. 2) Kemampuan Selfconfidence siswa SMP yang memperoleh model Discovery Learning berbantuan Wordwall lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran Ekspositori. 3) Terdapat korelasi positif yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis matematis dan Self-confidence siswa SMP yang memperoleh model Discovery Learning dengan berbantuan Wordwall. Kata Kunci: Kemampuan berpikir kritis matematis, Self-confidence, Model Discovery Learning, dan Wordwall.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 23 Aug 2023 02:42
Last Modified: 23 Aug 2023 02:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64772

Actions (login required)

View Item View Item