IMPLEMENTASI CONCEPT DEVELOPMENT MODEL BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI

ADETIA, RENI, 195040053 (2023) IMPLEMENTASI CONCEPT DEVELOPMENT MODEL BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (872kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (432kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir kritis pada siswa disebabkan oleh kurangnya dukungan model dan media pembelajaran yang mampu membantu mereka meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas implementasi concept development model berbantuan video animasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem ekskresi dan respon siswa terhadap proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain one group pretest-posttest. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini melibatkan 31 siswa kelas XI MIPA di salah satu SMA Swasta di Bandung. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi concept development model berbantuan video animasi pada taraf signifikansi <0,05 , signifikan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Peningkatan kemampuan berpikir kritis tersebut ditunjukan dengan nilai N-gain 0,83 pada kategori tinggi. Dengan hasil kemampuan memberikan penjelasan sederhana pada taraf 91%, membangun keterampilan dasar sebesar 85%, menyimpulkan sebesar 93%, membuat keputusan lebih lanjut sebesar 96% dan mengatur strategi dan taktik sebesar 97%. Selain itu respon siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan menunjukan respon positif dengan rata-rata 78 pada kriteria baik. Secara keseluruhan concept development model dengan tahapan mencantumkan, pengelompokan, pelabelan, pengelompokan ulang dan sintesis menggunakan bantuan video animasi mampu mengorientasikan kemampuan berpikir kritis siswa dengan baik. Kata Kunci : concept development model, Video Animasi dan Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 22 Aug 2023 02:05
Last Modified: 22 Aug 2023 02:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64753

Actions (login required)

View Item View Item