Murtiningrum, Asri, 195060047 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT BERBANTUAN VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS TINGGI DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Islam Az-Zakiyah Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN .pdf Download (774kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (345kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (636kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
||
|
Text
13.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (162kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas kontrol dan kelas eksperimen pada subtema manusia dan lingkungan di kelas V Sekolah Dasar Islam Az-Zakiyah Kota Bandung serta untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui penggunaan media pembelajaran powerpoint berbantuan video. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian yakni ‘quasi eksperimen methode’. Model dalam penelitian ini yaitu pretest-postest control grup design. Populasi penelitian ini adalah kelas V. Sampel penelitian kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen kelas yang dalam pembelajaranya menggunakan media pembelajaran powerpoint berbantuan video. Peneliti menggunakan menggunakan test essay. Terdiri dari 7 soal yakni soal pre test dan post test meliputi aspek kongnitif dan lembar observasi untuk mengetahui pelaksanaan penggunaan media pembelajaran powepoint berbantuan video terhadap kemampuan berpikir kritis. Dari hasil pengujian hipotesis berdasarkan tabel Independet Sampels T-test terlihat bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. karena nilai 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak Ha diterima, اberpikirاkemampuanاperbedaanاTerdapat“اbahwaاdisimpulkanاdapatاsehingga kritis peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol pada Subtema Manusia dan Lingkungan di kelas V Sekolah Dasar Islam Az-ZakiyahاKotaاBandung”. Sedangkan hasil hipotesis analisis data menggunakan uji Effect Size menggunakan rumus Cohen’s terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, dari hasil perhitungan effect size tesebut diketahui sebesar 2,421 dengan kategori 2,421 > 1.00 interprestasi dalam kategori kuat (Strong effect) sehingga dapat disimpulkan bahwa “Terdapatا pengaruh penggunaan media pembelajaran powerpoint berbantuan video terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SDI Az-Zakiyah Kota ا.“Bandung Kata Kunci: Media Pembelajaran; Powerpoint berbantuan Video, Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 21 Aug 2023 03:46 |
Last Modified: | 21 Aug 2023 03:46 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64743 |
Actions (login required)
View Item |