YULIMAYANTI, EKA, 195050007 (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB I.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB II.pdf Download (168kB) | Preview |
|
Text
11. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) |
||
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (699kB) |
||
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
|
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Download (144kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence dalam pembelajaran sangat penting untuk dimiliki siswa untuk menunjang aktivitas di dalam maupun di luar kelas. Tetapi hal ini berbanding terbalik dengan kondisi di lapangan, yang ditandai dengan banyaknya siswa yang mempunyai nilai rendah karena kurang memahami soal cerita dan cenderung memiliki jawaban yang sama dengan temannya dikarenakan tidak percaya diri. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui apakah Kemampuan Komunikasi Matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan video pembelajaran lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. (2) Untuk mengetahui Self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan video pembelajaran lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. (3) Untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan video pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasy eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group, sampel penelitian ini ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes kemampuan komunikasi matematis dan angket self-confidence. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan Software IBM SPSS 23.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran flipped classroom berbantuan video pembelajaran lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. (2) Self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran flipped classroom berbantuan video pembelajaran lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. (3) Terdapat korelasi antara Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran flipped classroom berbantuan video pembelajaran. Kata Kunci: Komunikasi Matematis, Self-confidence, Model Pembelajaran Flipped Classroom, Video Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 19 Aug 2023 03:00 |
Last Modified: | 19 Aug 2023 03:00 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64732 |
Actions (login required)
View Item |