PENERAPAN PROBLEM-BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN RME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMP

ISKANDARSYAH , MUHAMMAD FAJAR, 185050053 (2023) PENERAPAN PROBLEM-BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN RME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. cover.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. pengesahan.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. abstract.pdf

Download (641kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. abstrak.pdf

Download (755kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. abstrak sunda.pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. bab I.pdf

Download (770kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. bab II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
13. bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
14. bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
15. bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB)
[img]
Preview
Text
16. daftar pustaka.pdf

Download (562kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang esensial dan fundamental dalam pembelajaran matematika yang harus dimiliki oleh setiap siswa. Selain itu, siswa juga perlu memiliki sikap Self-Regulated Learning untuk mencapai taraf yang lebih baik dengan menerapakan sebuah pembiasaan di dalam pembelajarannya. Namun kenyataannya, kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-Regulated Learning siswa masih tergolong rendah. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-Regulated Learning adalah model Problem-Based Learning dengan pendekatan RME. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) peningkatan pemecahan masalah masalah matematis siswa yang mendapatkan Promblem-Based Learning dengan Pendekatan RME lebih tinggi dari pada siswa yang mendapatkan model pembelajaran biasa; 2) Self-Regulated Learning siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning dengan Pendekatan RME lebih baik dari pada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; dan 3) terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-Regulated Learning siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning dengan Pendekatan RME. Adapun metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Kartika X-1 Bandung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan menggunakan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas control. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrument tes berupa soal uraian kemampuan pemecahan masalah matematis dan instrument non tes berupa angket SelfRegulated Learning. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan: 1) peningkatan pemecahan masalah masalah matematis siswa yang mendapatkan Promblem-Based Learning dengan Pendekatan RME lebih tinggi dari pada siswa yang mendapatkan model pembelajaran biasa; 2) Self-Regulated Learning siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning dengan Pendekatan RME lebih baik dari pada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; dan 3) terdapat korelasi positif yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-Regulated Learning siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning dengan Pendekatan RME. Kata Kunci: Model Problem-Based Learning dengan Pendekatan RME, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self-Regulated Learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 16 Aug 2023 07:23
Last Modified: 16 Aug 2023 07:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64715

Actions (login required)

View Item View Item