AYUNI, DINDA NABILA SRI, 195060105 (2023) STUDI ANALISIS TENTANG POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SELAMA MASA ADAPTASI PEMBELAJARAN DARI DARING KE LURING DI SDN 2 PANJALU CIAMIS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN,.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (359kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (510kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (851kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (331kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V selama masa adaptasi pembelajaran dari daring ke luring di SDN 2 Panjalu Ciamis, kendala yang dihadapi oleh guru saat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas V selama masa adaptasi pembelajaran dari daring ke luring di SDN 2 Panjalu Ciamis serta solusi yang dilakukan untukmengatasi kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek adalah Guru Kelas, Peserta Didik dan Orang Tua Peserta Didik Kelas V. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa pola asuh demokratis lebih banyak diterapkan oleh orang tua, diikuti oleh pola asuh permisif dan otoriter. Pola asuh orang tua memiliki dampak yang signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik. Peserta didik yang memiliki orang tua dengan pola asuh otoriter cenderung memiliki motivasi belajar yang tinggi selama masa adaptasi pembelajaran, sementara peserta didik dengan pola asuh demokratis memiliki motivasi belajar yang sedang, dan peserta didik dengan pola asuh permisif memiliki motivasi belajar yang kurang. Kendala yang dihadapi oleh guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik selama masa adaptasi pembelajaran meliputi peserta didik yang mudah bosan di kelas, kurangnya respon peserta didik selama proses pembelajaran, konsentrasi dan fokus belajar yang kurang, keterbatasan interaksi sosial, dan ketergantungan pada gadget. Untuk mengatasi kendala tersebut, beberapa solusi telah diusulkan, antara lain mengenali karakter dan minat peserta didik, memulai pertemuan dengan baik, memilih metode dan media pembelajaran yang tepat, menggunakan konsep reward dan punishment, melaksanakan kegiatan pembelajaran di luar ruangan, menggunakan video sebagai sarana pembelajaran, serta berkomunikasi dan bekerja sama dengan orang tua peserta didik. Kata Kunci : Pola Asuh, Motivasi Belajar, Adaptasi Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 16 Aug 2023 06:48 |
Last Modified: | 16 Aug 2023 06:48 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64712 |
Actions (login required)
View Item |