PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI MATERI KERJASAMA EKONOMI INTERNASIONAL (Studi Pre-Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 3 SMA PASUNDAN 3 BANDUNG T.A 2022/2023)

APRILIANI, LINA, 185020083 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI MATERI KERJASAMA EKONOMI INTERNASIONAL (Studi Pre-Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 3 SMA PASUNDAN 3 BANDUNG T.A 2022/2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (626kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (760kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img]
Preview
Text
DAFATR PUSTAKA.pdf

Download (438kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Dilatarbelakangi dengan kurangnya hasil belajar peserta didik maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) hasil belajar peserta didik sebelum diberikan perlakuan (Pretest), (ii) hasil belajar peserta didik setelah diberikan perlakuan (Posttest), (iii) hasil belajar peserta didik pada pengukuran awal (Pretest) dan setelah pengukuran (Posttest) dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada kelas XI IPS 3 SMA Pasundan 3 Bandung T.A 2022/2023. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-eksperimen bentuk one group pretest postest design. Instrumen penelitian yang digunakan yakni tes pilihan ganda sebanyak 19 soal. Hasil penelitian menunjukan: (i) hasil belajar peserta didik sebelum diberikan perlakuan yakni dengan nilai rata-rata pretest sebesar 58,62, (ii) hasil belajar peserta didik setelah diberikan perlakuan diperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 84,68, (iii) hasil belajar peserta didik pada pengukuran awal (Pretest) dan setelah pengukuran (Posttest) dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dari hasil uji paired sample Ttest, diketahui nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000<0,05 dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima karena nilai probalillitasnya kurang dari 0,05 (0,000<α=0,05) maka terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar ekonomi materi kerjasama ekonomi internasional pada peserta didik kelas XI IPS 3 SMA Pasundan 3 Bandung T.A 2022/2023. Sebagai akhir dari penelitian, peneliti menyampaikan saran kepada: (i) pihak sekolah sebagai alternative dalam menggunakan model pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran (ii) pendidik sebagai referensi meningkatkan hasil belajar melalui pembelajaran make a match (iii) peserta didik diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar agar tidak jenuh (iv) peneliti selanjutnya bisa lebih mengembangkan pada objek model pembelajaran yang lebih luas di kelas yang berbeda. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match, Hasil Belajar, Ekonomi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 15 Aug 2023 01:29
Last Modified: 15 Aug 2023 01:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64692

Actions (login required)

View Item View Item