PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SD

AZAHRA, NUNI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SD. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (269kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar matematika peserta didik di SD Negeri 044 Cicadas Awigombong Bandung dikarenakan proses pembelajaran berpusat pada guru dan penggunaan media pembelajaran yang kurang variatif. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dalam pembelajaran, salah satunya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe example non example berbantuan media audiovisual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe example non example berbantuan media audiovisual. Metode penelitian ini menggunakan teknik kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control grup design. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tes yang digunakan menggunakan pretest dan postest yang dijadikan sebagai data hasil belajar peserta didik. Sampel yang digunakan yaitu kelas IV E sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe example non example berbantuan media audiovisual dan kelas IV F sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t-test, dan uji effect size yang dibantu dengan software IBM SPSS Statistic 26. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh gambaran proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe example non example berbantuan media audiovisual. Terdapat perbedaan hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe example non example berbantuan media audiovisual dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Terdapat pengaruh pada penggunaan model kooperatif tipe example non example berbantuan media audiovisual dengan nilai 1,8 dalam uji effect size dengan kategori besar. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Example Non Example, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 11 Aug 2023 06:50
Last Modified: 11 Aug 2023 06:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64652

Actions (login required)

View Item View Item