Hanafi, Rizky (2023) STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA KONFEKSI DI KOTA BANDUNG (Studi Kasus Pada Bodycoverbdg). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI -RIZKY HANAFI.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK-RIZKY HANAFI.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN-RIZKY HANAFI.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA-RIZKYNHANAFI.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI-RIZKY HANAFI.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
PERNYATAAN-RIZKY HANAFI.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2-RIZKY HANAFI.pdf Download (357kB) | Preview |
|
|
Text
BAB. 1-RIZKY HANAFI.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1-RIZKY HANAFI.pdf Download (196kB) | Preview |
Abstract
Usaha konfeksi Bodycoverbdg merupakan usaha skala UMKM yang bergerak dibidang konfeksi, yang masih dihadapkan permasalahan kurangnya product knowlodge di benak masyarakat, sehingga perlu dilakukan strategi pemasaran yang optimal dengan cara segmentasi pasar (segmenting), menentukan target pasar (targeting), penentuan posisi pasar (positioning) dan perbedaan produk (differentiation) agar produk dapat lebih menonjol di pasaran. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan pada usaha konfeksi Bodycoverbdg. Metode penelitian yang digunakan metode kualitatif, Teknik pengumpulan data primer dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan pengumpulan data sekunder dilakukan dengan cara studi kepustakaan menggunakan jurnal, skripsi, catatan, buku hingga portal berita. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan strategi yang digunakan meliputi memberikan potongan harga di borma, membuat official akun Instagram @bodycoverbdg dan endorsement. Strategi pemasaran yang diterapkan pada usaha konfeksi Bodycoverbdg berdasarkan segmentasi yaitu usaha konfeksi Bodycoverbdg menerapkan seluruh variabel dalam segmenting (geografis, demografis, psikografis, perilaku) kemudian dalam targeting, usaha konfeksi Bodycoverbdg menerapkan seluruh aspek demi tercapainya target pasar. Dalam positioning, mempunyai 5 aspek namun hanya 4 yang terpenuhi karena pemasaran belum mumpuni. Terakhir differentiation , usaha konfeksi Bodycoverbdg membedakan produk dengan kompetitor dengan cara memeberi label ‘Automax’ dan bersertifikasi SNI (Standar Nasional Indonesia). Hambatan strategi pemasaran yang diterapkan pada usaha konfeksi Bodycoverbdg yaitu belum tercapainya target pemasaran karena seiring berjalannya waktu, banyak kompetitor mengeluarkan merek baru menyebabkan sulitnya usaha Bodycoverbdg menanamkan di hati konsumen. Saran dari penelitian ini yaitu baiknya pemilik usaha konfeksi Bodycoverbdg merekrut seorang karyawan ahli dalam bidang pemasaran, kemudian untuk peneliti selanjutnya sebaiknya dapat mengkaji lebih lanjut mengenai strategi pemasaran menggunakan metode analisis yang berbeda. Kata Kunci : Konfeksi, Pemasaran Produk, Strategi
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2023 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 06:37 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 06:37 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64643 |
Actions (login required)
View Item |