PENGARUH MODEL INQUIRY BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 128 HAUR PANCUH KOTA BANDUNG (Penelitian Quasi Eksperimen)

Lestari, Shela, 195060004 (2023) PENGARUH MODEL INQUIRY BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 128 HAUR PANCUH KOTA BANDUNG (Penelitian Quasi Eksperimen). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTARK.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (626kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (703kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (455kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS peserta didik yang memperoleh pembelajaran Inquiry Based Learning dan melihat pengaruh hasil belajar IPS dengan menggunakan pembelajaran Inquiry Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian kelompok kontrol non-equivalen dan menggunakan teknik purposive sampling. Kelas eksperimen mendapat pembelajaran Inquiry Based Learning dan kelas kontrol mendapat pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan disalah satu sekolah dasar. Populasi penelitian ini adalah siswa sekolah dasar dengan sampel penelitian adalah siswa kelas IV SD di Kota Bandung Provinsi Jawa Barat dengan responden penelitiannya adalah siswa kelas IV sebanyak dua kelas yang dipilih secara langsung. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah Independent Sample T test untuk analisis perbedaan dan Paired Sample T test untuk analisis pengaruh pada kedua kelas yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPS peserta didik yang memperoleh pembelajaran Inquiry Based Learning dan Konvensional serta terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPS peserta didik yang memperoleh pembelajaran Inquiry Based Learning. Model pembelajaran Inquiry Based Learning akan memberikan dampak positif terhadap hasil belajar IPS peserta didik. Kata Kunci: Hasil Belajar, Inquiry Based Learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 04 Aug 2023 07:19
Last Modified: 04 Aug 2023 07:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64564

Actions (login required)

View Item View Item