NISA, DESI LAELA SHOFIATUN, 195010009 (2023) DAMPAK PENERAPAN TATA TERTIB SEKOLAH DENGAN SISTEM KREDIT POIN TERHADAP KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK (Penelitian Survei di SMAN Darmaraja). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (523kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (455kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (540kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (495kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (420kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan tata tertib sekolah dengan sistem kredit poin berpengaruh dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik. Penerapan sistem kredit poin dalam pelanggaran tata tertib sekolah merupakan suatu alternatif yang dapat diberlakukan di sekolah sebagai upaya untuk menegakkan tata tertib yang berlaku di sekolah. Sistem ini mengharuskan agar setiap pelanggaran tata tertib sekolah yang dilakukan oleh para peserta didik diberikan poin yang memiliki tingkatan sesuai dengan tingkat pelanggaran yang dilakukan peserta didik. Setiap poin pelanggaran disiplin yang dilakukan oleh para peserta didik dikumpulkan sampai batas tertentu selama setahun. Jika poin pelanggaran yang dilakukan oleh peserta didik telah mencapai batas maksimal, maka sanksi akan diberlakukan. Metode yang digunakan pada penelitian ini pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan yaitu survei serta variabel independent yaitu penerapan tata tertib sekolah dengan sistem kredit poin dan variabel dependen yaitu kedisiplinan peserta didik. Sampel penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu probability sampling. Sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas XI. Selanjutnya, pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner dan wawancara. Peneliti memproses hasil data analisis diantaranya yaitu teknis analisis uji normalitas, heteroskedastisitas, regresi linear sederhana, dan yang terakhir uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan tata tertib sekolah dengan sistem kredit poin dapat meningkatkan kedisiplinan peserta didik. Hasil penelitian berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji t menunjukan nilai t hitung 4,325 > t tabel 2,920 maka dapat dilihat bahwa penerapan tata tertib sekolah dengan sistem kredit poin berpengaruh terhadap kedisiplinan peserta didik dan hasil nilai R square 0,773 x 100 = 77% dimana penerapan tata tertib sekolah dengan sistem kredit poin berpengaruh terhadap kedisiplinan peserta didik dengan variabel bebas (penerapan tata tertib sekolah dengan sistem kredit poin) terhadap variabel terikat (kedisiplinan peserta didik) sebanyak 77%. Kata Kunci : Kedisiplinan, Tata Tertib Sekolah dengan Sistem Kredit Poin, Peserta Didik
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 04 Aug 2023 07:07 |
Last Modified: | 04 Aug 2023 07:07 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64562 |
Actions (login required)
View Item |