AGUSTIN, RENI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SD NEGERI 103 COBLONG (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 103 Coblong Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN PEMBIMBING DAN PENGUJI (RENI AGUSTIN_ 195060018).pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (294kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (399kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (356kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (239kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuaan untuk memperoleh informasi apakah terdapat perbedaan dan sebesar apa pengaruh kelas yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan kuaasi eksperimen (quasi experimental). Sampel dalam penelitian adalah kelompok siswa kelas VA dan VB dalam pembelajaran IPS SD Negeri 103 Coblong yang beralamat di jalan Ir. Djuanda no.338 Kecamatan Coblong. Teknik penentuan sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample test, dan effect size dengan. Hasil penelitian menunjukan pada hasil uji Independent Sample test bahwa signifikansi 0,000 Berdasarkan pada table descriptive statistics nilai mean atau nilai rata-rata posttest kelas Eksperimen adalah sebesar 78,53, sedangkan nilai mean atau rata-rata pada posttest di kelas kontrol sebesar 73,43. Berdasarkan Uji Independent Sample Test menunjukan angka 0,000< 0,05 dan dari hasil uji effect size sebesar 1,67. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPS di kelas yang model pembelajaran Koopeartif Tipe Group Investigation (VA) dan kelas yang menggunakan model pembelajaran Direct Instructions (VB). Serta dengan hasil uji effect size sebesar 1,67 model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berpengaruh tinggi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPS di SD Negeri 103 Coblong. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation, Model Pembelajaran Direct Instructions, Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran IPS
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 03 Aug 2023 08:34 |
Last Modified: | 03 Aug 2023 08:34 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64537 |
Actions (login required)
View Item |