ASTUTI, D. SINTA, 195060124 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SPARKOL VIDEOSCRIBE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas IV SD Negeri Ciherang Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN..pdf Download (513kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (612kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (600kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (202kB) | Preview |
Abstract
Salah satu fenomena yang menghambat kegiatan belajar mengajar yaitu guru masih menggunakan media pembelajaran konvensional sehingga kurang menarik perhatian peserta didik dan banyak peserta didik memperoleh hasil belajar di bawah KBM (Kriteria Belajar Minimal). Salah satu alternatif media pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi fenomena tersebut yaitu penggunaan media pembelajaran Sparkol Videoscribe. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Sparkol Videoscribe terhadap hasil belajar peserta didik dan perbedaan antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan media Sparkol Videoscribe dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media konvensional di kelas IV SDN Ciherang, Kabupaten Bandung. Jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Analisis data menggunakan perangkat lunak Statistical Package for Social Science (SPSS) versi 27. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diberikan pembelajaran yang artinya media pembelajaran Sparkol Videoscribe berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik, dibuktikan dengan hasil uji Paired Sample T Test diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan pengaruh yang dihasilkan sebesar 1,05 (effect besar). Selanjutnya terdapat perbedaan antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan media pembelajaran Sparkol Videoscribe dengan peserta didik yang menggunakan media konvensional, dibuktikan dengan hasil uji Independent Sample T Test diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Pembelajaran Sparkol Videoscribe.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 02 Aug 2023 06:53 |
Last Modified: | 02 Aug 2023 06:53 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64518 |
Actions (login required)
View Item |