Nurillah, Laudzia, 195060148 (2023) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IPA KELAS V SDN SOREANG 03 KABUPATEN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (979kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (548kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (580kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (540kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (196kB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar siswa merupakan output dari proses belajar mengajar salah satu masalah yang ada di kelas V SDN Soreang 03 adalah rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Banyak faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar salah satunya adalah model pembelajaran, Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran yaitu model Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa SDN Soreang 03 kelas V. Jenis penelitian ini termasuk quasi experimental tipe non-equivalent control group design, Sampel penelitian yang digunakan yaitu kelas V A yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen menggunakan model Problem Based Learning dan kelas V B yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukan bahwa: hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning sebanyak 20 siswa yang tuntas, sedangkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional sebanyak 7 siswa yang tuntas dari KKM yang ditentukan sebesar 65, Berdasarkan hasil penelitian menggunakan Independent Sample T-Test diperoleh hasil 01000 < 0,05. Dengan perolehan basil rata-rata kelas eksperimen rerata 81,25 sedangkan kelas kontrol rerata 72,75 Berdasarkan uji hrpotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa yang signifikan pada kelas eksperimen dengan model Problem Based Learning dan pada kelas kontrol model konvensional. dari hasil pretest dan posttest pada kelompok eksperimen menunjukan nilai NgainScore dimana berada pada range 44%-90% dengan rata-rata nilai Ngainscorenya adalah 64,65 0 /0, Sedangkan pada model pembelajaran konvensional dari nilai rata-rata pretest dan posttest secara berturut-turut sebesar 49,5 dan 56 memiliki nilai NgainScore pada range 11%- 45-45%- dan dengan rata-rata nilai NgainScore sebesarr 26,73%. Kata kunci: Model Problem Based Learning dan Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 02 Aug 2023 02:07 |
Last Modified: | 02 Aug 2023 02:07 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64506 |
Actions (login required)
View Item |