HUBUNGAN KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA (Penelitian Survey Terhadap Peserta Didik Kelas VII di SMPN 21 Kota Bandung)

Cahyani, Isyeu Nur, 195010042 (2023) HUBUNGAN KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA (Penelitian Survey Terhadap Peserta Didik Kelas VII di SMPN 21 Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN..pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (301kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan karakter Profil Pelajar Pancasila dengan Hasil Belajar peserta didik, pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila pada peserta didik kelas VII. Adapun penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya karakter peserta didik yang bisa berakibatkan dengan hasil belajar peserta didik. Hipotesis penelitian ini yaitu ada korelasi positif yang signifikan antara karakter Profil Pelajar Pancasila dengan Hasil Belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian korelasional dengan menggunakan kuantitatif yang dilakukan terhadap 56 peserta didik. Pengumpulan data dan instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peserta didik kelas VII SMPN 21 Kota Bandung pada mata pelajaran pendidikan pancasila memiliki karakter Profil Pelajar Pancasila yang baik. Dikarenakan peserta didik setuju dengan adanya penerapan kurikulum merdeka dalam Profil Pelajar Pancasila. (2) Hasil belajar peserta didik ini tergolong kategori cukup baik. Maka karena itu peserta didik memiliki pencapaian hasil belajar yang cukup baik. (3) Terdapat korelasi atau hubungan yang positif antara karakter Profil Pelajar Pancasila dengan Hasil Belajar peserta didik Dikarenakan t hitung (5,191) > t tabel (1,674), maka H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat hubungan positif dan signifikan antara Profil Pelajar Pancasila dengan Hasil Belajar. Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila, Profil Pelajar Pancasila

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 02 Aug 2023 02:00
Last Modified: 02 Aug 2023 02:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64505

Actions (login required)

View Item View Item