Nurhaifa, Hasna Salma, 195010021 (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (Penelitian Eksperimen Semu di SMP Negeri 3 Cileunyi). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (380kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (481kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (475kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (997kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (257kB) | Preview |
Abstract
Model Pembelajaran Small Group Discussion adalah adalah proses pembelajaran dengan menggunakan diskusi kelompok kecil tujuannya agar peserta didik memiliki keterampilan memecahkan masalah terkait materi pokok dan persoalan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Maka peneliti tertarik untuk mengetahui apakah model pembelajaran Small Group Discussion berpengaruh dalam meningkatkan motivasi peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Metode yang digunakan oleh penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan yaitu quasi experimental atau eksperimen semu serta variabel independent yaitu pengaruh model pembelajaran Small Group Discussion dan variabel dependen yaitu motivasi peserta didik. Sampel penelitian yang digunakan oleh peneliti merupakan sampling purposive. Sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas VIII D, dan VIII F. Selanjutnya, pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner dan wawancara didukung oleh pretest dan posttest. Peneliti menggunakan teknis analisis uji normalitas, homogenitas, regresi linear sederhana, dan yang terakhir uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa peserta didik pada saat menggunakan model pembelajaran Small Group Discussion memiliki motivasi belajar yang sangat baik. Hasil penelitian berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji t menunjukan nilai t hitung 12,812 > t tabel 2,021 maka model pembelajaran Small Group Discussion berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan hasil nilai R square 0,746 x 100 = 74,6% dimana pengaruh model pembelajaran Small Group Discussion memiliki kontribusi terhadap motivasi belajar peserta didik yaitu variabel bebas (pengaruh model Small Group Discussion) terhadap variabel terikat (motivasi belajar) sebanyak 75%. Kata kunci: Model Pembelajaran Small Group Discussion, Motivasi Belajar, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 31 Jul 2023 08:13 |
Last Modified: | 31 Jul 2023 08:13 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64460 |
Actions (login required)
View Item |