FARDILA, NUR FAHMI, 195060033 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN PROFIL PELAJAR PANCASILA SISWA DI SDN 151 SUKASENANG KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (477kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (194kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (774kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (190kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model problem based learning terhadap hasil belajar dan capaian profil pelajar pancasila siswa kelas IV Tahun Ajaran 2022/2023. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian yaitu kuasi eksperimen (Quasi Eksperimen Design). Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IVB yang berjumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IVA yang berjumlah 27 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik dari pengumpulan data yaitu melalui tes yang berbentuk pilihan ganda dan uraian tentang materi mengubah bentuk energi dan lembar hasil observasi sebagai data penunjang. Tes yang digunakan yaitu menggunakan pre-test dan post-test yang dijadikan untuk data hasil belajar dan capaian profil pelajar pancasila terhadap siswa. Teknik analisis data dilakukan dengab menggunakan uji validasi, uji reliabilitas, uji indeks tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Penelitian yang dilakukan di SDN 151 Sukasenang Kota Bandung menunjukkan hasil bahwa nilai rata-rata post-test kelas eksperimen yaitu 88,23, dan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 86,70. Dengan perhitungan menggunakan rumus Independent sample t-test dengan menggunakan software IBM SPSS Statistic 26 diperoleh hasil analisis menunjukkan bahwa thitung= 2.317>ttabel = 2,009 dan nilai sig 0,025<0,05. Artinya, adanya perbedaan dari hasil post-test tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap hasil belajar dan capaian profil pelajar pancasila secara signifikan. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar dan Capaian Profil Pelajar Pncasila, SDN 151 Sukasenang Kota Bandung.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 29 Jul 2023 02:41 |
Last Modified: | 29 Jul 2023 02:41 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64433 |
Actions (login required)
View Item |